Pemasangan WRS New Generation oleh BMKG di Luwu Utara dan Palopo

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Palopo--Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar melakukan pemantauan pemasangan Warning Receiver System (WRS) New Generation di beberapa kabupaten di sulawesi selatan,diantaranya daerah palopo dan masamba Luwu Utara Kamis (18/6).


Ini merupakan alat komunikasi penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami. 

Pemasangan tersebut disambut baik oleh Ibu Indah Putri Indriani selaku Bupati Luwu Utara dan Bapak Drs. H. Muslim Muchtar selaku Kepala Pelaksana BPBD Luwu Utara.

Menurut Indah Putri Indiani,Luwu Utara memiliki potensi gempa yang cukup tinggi.Karena dilalui oleh sesar (patahan pada tubuh bumi yang mengalami pergerakan) palu koro dan matano. 

“Pemasangan WRS ini sangat membantu pemerintah daerah dan seluruh masyarakat ketika terjadi gempa,sehingga informasinya bisa lebih cepat disebar luaskan oleh pemerintah dan masyarakat bisa melakukan mitigasi” ucap Indah Putri Indiani. 

Darmawan Kepala BMKG Wilayah IV,menilai pemasangan WRS ini demi kepentingan masyarakat. 

"Alat ini bersifat 'real time' dari BMKG.Dengan WRS NewGen, penyebarluasan informasi akan memakan waktu kurang dari tiga menit setelah gempa bumi berlangsung, sehingga dapat membantu pemerintah daerah dan stakeholder terkait memberikan respon yang lebih cepat dalam melakukan evakuasi dan langkah-langkah penanganan bencana lainnya.Dan yang pasti demi penyelamatan aset yang sangat berharga yaitu jiwa," Tuturnya. 


Sementara itu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palopo, Ir Anthonius Dengen menyambut baik dan berterimakasih atas pemasangan alat tersebut. 

"Dengan adanya alat ini dapat memberikan informasi gempa dan tsunami secara akurat, sehingga masyarakat lebih teredukasi secara mandiri," Tutupnya.(R/Rajendra)