Permudah Akses Kekonsuleran Bagi Para WNI, KBRI Roma Selenggarakan Warung Konsuler di Calabria

By Abdi Satria


nusakini.com-Rende-Pelayanan kekonsuleran seperti pembaharuan paspor, diperlukan oleh para WNI yang berada di luar negeri, tidak terkecuali para WNI yang tinggal jauh dari kantor Perwakilan Indonesia. Dalam rangka mempermudah akses para WNI yang berada di Selatan Italia, KBRI Roma selenggarakan “Warung Konsuler" di wilayah Calabria akhir pekan lalu. Kegiatan “Warung Konsuler" juga diikuti pertemuan dengan perwakilan masyarakat dan mahasiswa Indonesia di Calabria.

“Kami tak henti mengajak masyarakat Indonesia untuk selalu kompak, rukun dan damai, serta menjalin komunikasi yang baik dengan KBRI Roma terutama pada masa kondisi kesehatan darurat di Italia akibat pandemi COVID-19," ujar Wakil Kepala Perwakilan Indonesia di Roma, J.S George Lantu. 

Italia masih berada pada fase kedua “living with the virus". Pemerintah Italia telah menerapkan berbagai peraturan serta terus memperbarui ketentuan pembatasan untuk membendung penyebaran pandemi COVID-19. Dalam situasi ini, KBRI Roma juga menyampaikan dukungan logistik bagi para WNI berupa bahan makanan pokok, masker, vitamin dan hand sanitizer. 

Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Calabria, Halimah Purnama Putri menyampaikan apresiasinya atas kunjungan KBRI Roma, kegiatan tersebut adalah momen yang baik untuk menjalin keakraban dan silaturahim antara masyarat Indonesia dan KBRI Roma. Dalam diskusi, para mahasiswa aktif menyampaikan masukan terkait situasi dan kondisi di Calabria, permasalahan kekonsuleran hingga potensi kerja sama promosi sosial budaya Indonesia dan peningkatan people-to-people contact. 

Kegiatan “Warung Konsuler" dilakukan mengingat terdapat kebutuhan dan permintaan WNI yang berdomisili di Calabria untuk pelayanan kekonsuleran meliputi pengambilan data biometri untuk pembuatan dan perpanjangan paspor, lapor diri, pembuatan surat keterangan lahir dan surat keterangan lain. Kegiatan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol keselamtan COVID-19, antara lain pengukuran suhu tubuh, penggunaan masker dan hand sanitizer.(p/ab)