14 Polisi Terluka dalam Demonstrasi di Argentina

By Nad

nusakini.com - Internasional - Polisi menembakkan gas air mata di ibu kota Argentina pada Sabtu (27/8), saat mereka bentrok dengan pendukung wakil presiden Cristina Fernandez de Kirchner, beberapa hari setelah jaksa menuntut hukuman penjara 12 tahun terhadapnya karena dugaan korupsi.

Kantor berita resmi Argentina Télam melaporkan polisi menggunakan tongkat dan gas air mata pada pengunjuk rasa setelah sekelompok orang merobohkan pagar yang diperintahkan pemerintah kota untuk dipasang di dekat kediaman wakil presiden.

Setidaknya 14 petugas polisi terluka dalam kekerasan itu, menurut Felipe Miguel, kepala staf pemerintah Buenos Aires. Empat pengunjuk rasa ditangkap setelah bentrokan, kata pemerintah setempat.

Walikota Buenos Aires, Horacio Rodríguez Larreta, mengatakan petugas yang terluka dirawat di rumah sakit.

“Demonstrasi berubah menjadi situasi kekerasan. Ada sekelompok demonstran yang mulai melempari pagar, melempari batu, hingga menyerang polisi,” kata Larreta seraya menambahkan “di kota Buenos Aires kekerasan adalah batasnya. Kami tidak akan membiarkan situasi kekerasan, selama ada (situasi seperti itu), polisi akan bertindak."

Seorang jaksa federal di Argentina pada hari Senin (22/8) meminta Fernandez de Kirchner untuk menjalani hukuman penjara 12 tahun karena dugaan korupsi. Pengadilan belum memutuskan permintaan jaksa.

Presiden Argentina Alberto Fernandez mengutuk apa yang dia katakan sebagai penggunaan kekerasan oleh pemerintah kota terhadap demonstrasi warga "dalam kebebasan dan demokrasi." (cnn/dd)