43 Pesawat Bakal Ditambah Garuda Tahun Ini

By Admin


nusakini.com - Jakarta - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) bakal menambah 43 pesawat lagi pada tahun ini. Maskapai milik negara ini akan menargetkan bisa mengoperasikan 230 pesawat pada akhir tahun ini.

Sebagaimana diketahui, total armada Garuda sudah mencapai 187 unit hingga akhir 2015 lalu. Adapun rencana penambahan 43 unit pesawat ini termasuk penggantian pesawat yang masanya sudah jatuh tempo. 

Menurut Direktur Keuangan GIAA I Ngurah Askhara Danadiputra, penggantian pesawat akan berlangsung mulai tahun ini hingga 2020 mendatang. 

Sebagai armada pengganti Boeing 737 800 NG, Garuda telah memesan pesawat jenis Boeing 737 MAx. “Penambahan armada itu bukan investasi baru, tapi leasing. Untuk operation lease dan financing lease jumlahnya 800 juta dolar AS untuk tahun ini saja,” katanya. 

Askhara menambahkan bahwa belanja modal sebesar US$ 160 juta akan digunakan untuk perawatan dan operasional. Untuk penambahan pesawat digunakan skema sewa operasi yang selama ini telah dilakukan GIAA. “Capex bukan untuk penambahan pesawat,” jelasnya. (ip/mk)