BBKSDA Sulsel Lepasliarkan Burung dan Serahkan Penghargaan Konservasi di Launching Desa Wisata Tondongkura

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar–Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan, Ir. Jusman menghadiri Grand Launching Desa Wisata Tondongkura di Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Selasa (27/9/2022). 

Konsep Desa Wisata Tondongkura bertemakan Culture and Conservation. Kegiatan ini dirangkaikan dengan pelepasan burung dan penyerahan penghargaan konservasi dalam rangka mendukung pelestarian tumbuhan dan satwa liar. 

Pemerintah Desa Tondongkura melaksanakan Grand Launching Desa Wisata pada Selasa, 27 September 2022 bertempat di Wisata Puncak Tondong Karube Desa Tondongkura. 

Desa wisata Tondongkura dikembangkan dengan konsep agrowisata, ekologi dan kebudayaan serta konservasi alam. 

Bupati Pangkajene dan Kepulauan H. Muhammad Yusran Lalogau, S.Pi., M.Si. hadir dan membuka kegiatan secara langsung. Hadir juga dalam kegiatan Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulawesi Selatan, Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan, Kepala KPH Bulusaraung, Forkompinda Kabupaten Pangkep, Jajaran OPD Kabupaten Pangkep dan FFI Project Sulawesi Selatan. 

Dalam rangkaian kegiatan grand launching desa wisata, Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan melakukan pelepasliaran burung dengan jenis Elang Paria (Milvus migrans), Opior Sulawesi (Lophozosterops squamiceps), Kacamata Sulawesi (Zosterops anomalus) dan Cucak Kutilang (Pycnonatus aurigaster) serta penyerahan penghargaan konservasi. 

Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan kepada Bupati Pangkajene dan Kepulauan, H. Muhammad Yusran Lalogau, S.Pi., M.Si dan Kepala Desa Tondongkura, Muhammad Ikhlas, S.Pd. 

Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan dalam sambutannya menyampaikan, Tarsius berpotensi sebagai obyek wisata minat khusus terutama bagi wisatawan mancanegara. "Pengamatan Tarsius yang aktif pada malam hari dapat menjadi paket wisata dengan tour guide dari masyarakat desa setempat,” terangnya. 

Penyampaian Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan Ir. Jusman terkait potensi wisata minat khusus sejalan dengan tujuan dari pengembangan desa wisata. Dimana memberdayakan masyarakat agar dapat berperan sebagai pelaku langsung serta meningkatkan kesiapan dan kepedulian dalam menyikapi potensi pariwisata atau lokasi daya tarik wisata di wilayah masing-masing desa adalah tujuan awal pengembangan desa wisata.(rilis)