BNPB Kunjungi Kantor Persebaya , Ajak Bonek Jadi Ujung Tombak Penanganan Covid-19

By Abdi Satria


nusakini.com-Surabaya-Bonek dan Persebaya berperan aktif dalam penanganan Covid-19 di awal pandemi akhir Maret lalu. Sayang, hal itu kurang mendapatkan dukungan dari Pemkot Surabaya. Kini, peran itu bisa ditingkatkan dengan dukungan BNPB. 

Fans Relations Manager Persebaya Sidik Tualeka sore kemarin diundang dalam pertemuan Ketua BNPB Doni Monardo di Gedung Negara Grahadi. ”Dalam pertemuan itu, BNPB mengajak peran lebih aktif komponen masyarakat untuk memerangi Covid-19,” kata Alek. ”Salah satunya Bonek, yang jumlahnya sangat besar di Surabaya,” imbuhnya. 

Alek menyatakan, Bonek sudah teruji dalam kegiatan kemanusiaan. Saat gempa Palu tahun lalu, Bonek menyalurkan donasi hingga ratusan juta rupiah. Dalam penanganan Covid-19, Bonek juga bergerak secara mandiri tanpa bantuan dana pemerintah.  

Sebelumnya, Koordinator Relawan Percepatan Penanganan Covid-19 Arif Rosyid datang ke kantor Persebaya. sosok yang berprofesi sebagai dokter gigi itu berdiskusi dengan Manajer Persebaya Candra Wahyudi, juga Presiden Persebaya Azrul Ananda.

”Saya sudah bertemu dengan presiden klub Persebaya, dan kami berencana melakukan deklarasi bersama untuk memerangi Covid-19 pada Selasa nanti,” lanjutnya.

Arif menambahkan, ada beberapa daerah yang pemerintahnya sukses dalam perang melawan Covid-19. Namun, juga ada yang sebaliknya, penyebaran Covid-19 masih sangat tinggi. Surabaya termasuk buruk. 

Setiap hari rata-rata ada 100 pasien baru Covid-19. Rata-rata angka kematian pun double digit setiap hari. Dan itu terjadi setelah PSBB dicabut pada 8 Juni lalu. 

”Saya dengar, Bonek aktif melakukan upaya penanggulangan Covid-19 pada awal pandemi dulu. Kami bersama Persebaya ingin menggerakkan lagi kampanye yang sangat bagus itu,” papar Arif. 

Nantinya aka nada gerakan masif yang melibatkan Bonek. Mulai kampanye pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak. (p/ab)