Boaz Solossa Bantu Borneo FC Tekuk Barito Putera

By ommed


nusakini.com - Borneo FC berhasil menembus enam besar setelah mengalahkan Barito Putera 2-0 dalam pertandingan pekan ke-19 Liga 1 2021/22 di Stadion Kompyang Sujana, Jumat (14/1) malam WIB.

Kemenangan tersebut membuat Borneo FC kini menempati peringkat enam usai mengoleksi nilai 30, dan menggeser PSIS Semarang. Sedangkan Barito Putera belum keluar dari zona merah. Mereka masih berada di peringkat 16 dengan 15 poin.

Derbi Kalimantan antara Barito Putera dan Borneo FC berlangsung menarik dan ketat. Borneo FC yang tidak ingin kehilangan peluang mendulang tiga angka langsung melakukan tekanan selepas wasit meniup peluit kick-off.

Kendati demikian, tidak mudah bagi Borneo FC menembus pertahanan Barito Putera yang tampil solid di awal laga. Wahyudi Hamisi mencoba melakukan tendangan dari luar kotak penalti di menit ke-21, tapi menyamping di sisi kiri gawang.

Sedangkan Laskar Antasari mengalami kesulitan mengembangkan permainan. Sempat memberikan ancaman melalui Raphael Maitimo ketika menyambut bola sepak pojok di menit ke-28. Tapi sundulannya belum membuahkan hasil.

Borneo FC memberikan respons, dan nyaris membuka keunggulan di menit ke-36. Menyambut umpan Leo Guntara dari sisi kiri serangan, Francisco Torres menanduk bola. Sayangnya, sundulan Torres melayang tipis di atas mistar. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga babak pertama usai.

Permainan Barito Putera dan Borneo FC tidak mengalami perubahan di babak kedua. Mereka tetap memeragakan skema agresif demi memecah kebuntuan agar bisa mengungguli lawannya masing-masing.

Borneo FC akhirnya mewujudkan hal itu pada pada menit ke-55. Keberanian barisan belakang Barito Putera memainkan bola di kotak penalti harus dibayar mahal, karena Hamisi berhasil memanfaatkan bola liar dengan tendangan kerasnya yang tak bisa dibendung kiper Kurniawan Kartika Ajie.

Barito Putera yang tersengat dengan gol itu berusaha menyamakan kedudukan. Hanya saja penyelesaian akhir yang tidak sempurna membuat upaya tim besutan Rahmad Darmawan ini tidak membuahkan hasil.

Alih-alih menyamakan kedudukan, gawang Barito Putera justru kebobolan untuk kedua kalinya menjelang pertandingan berakhir. Boaz Solossa yang dimasukkan di pertengahan babak kedua berhasil menjebol gawang Barito Putera, sehingga menutup laga dengan skor 2-0. (gi/om)