Dibuka Seleksi Penerimaan Guru dan Tenaga Kependidikan MAN IC Gowa

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan membuka seleksi penerimaan guru atau tenaga pendidik dan tenaga kependidikan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gowa. Kesempatan ini dibuka baik bagi PNS maupun bukan PNS.

“Ada 19 kuota penerimaan, terdiri dari 13 guru dan 6 tenaga kependidikan MAN IC Gowa. Kami mengundang PNS dan bukan PNS yang berminat untuk mendaftar,” terang Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, M Zain, di Jakarta, Rabu (21/10). 

“Pendaftaran dibuka 26 Oktober sampai 6 November 2020. Guru yang bagus pasti akan memengaruhi kualitas madrasah. Untuk itu, saya meminta masyarakat dengan kualifikasi dan kualitas terbaik agar mendaftar,” sambungnya. 

Menurut Zain, pendataran dilakukan secara daring dengan melakukan registrasi melalui https://madrasah.kemenag.go.id/seleksiptk. Caranya, memasukkan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) atau Nomor Pendidik Kemenag (NPK). Data lainnya yang harus didaftarkan adalah nama, tempat, lahir, tanggal lahir, dan alamat surat elektronik. 

Setelah mendaftar, calon peserta bisa login dengan usernama dan password yang dikirim Panitia Seleksi melalui surat elektronik. Selanjutnya, peserta mendaftar dengan memilih jabatan yang akan dilamar dan mengisi data diri pelamar. 

Ada 13 pilihan tenaga pendidik, yaitu: Aqidah Akhlak, Bahasa Arab, SKI, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Seni Budaya, BK< PKn, serta Pembina Asrama Putra dan Putri. Untuk tenaga kependidikan, ada 6 formasi, yaitu: pengelola bahan kepegawaian dan ketatalaksanaan, pengadministrasi, satpam, pramubakti, dan pengemudi. “Setiap formasi, masing-masing dibutuhkan satu orang,” jelas Zain. 

Ada dua tahapan seleksi, administrasi dan akademik. Peserta yang lulusa seleksi administrasi akan mengikuti proses seleksi akademik yang mencakup pengetahuan agama Islam serta kompetensi pedagogik dan profesional.  (p/ab)