Ditjen IKP Akan Lebih Berdaya Dengan Sediakan Informasi dan Nation Branding

By Admin

nusakini.com--Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widyastuti berharap ke depan Ditjen IKP akan lebih diberdayakan dan lebih maju lagi dengan tugas-tugas yang baru ini. "Kita akan membuat program untuk masyarakat dan mengimplentasikan Pasal Pasal UUD 1945 baik dalam negeri maupun luar negeri," katanya saat membuka Pembekalan Ditjen IKP di Sentul, Bogor.

Secara khusus Niken menyampaikan website infopublik.id akan lebih dioptimalkan lagi menjadi media informasi yang secara terus menerus diperbarui dengan konten informasi yang diinginkan masyarakat. "Kemudian program baru IKP adalah nation branding yang merupakan diplomasi lini kedua. Hal itu dilakukan dengan mengelola website indonesia.go.id dengan menggunakan bahasa inggris," tambahnya.

Menurut Dirjen Niken dengan tugas tersebut diberikan Presiden Joko Widodo secara langsung melalui Instruksi Presiden kepada Kementerian Kominfo. Oleh karena itu ia membutuhkan SDM yang berkualitas untuk melaksanakan tugas tersebut. "Dengan program-program ini, saya yakin bisa terlaksana. Karena SDM di IKP sangat luar biasa dan sangat qualified, dan cerdas-cerdas semua. Pekerja keras, pekerja cerdas," tandas Niken.

Namun demikian, Niken menyatakan akan membutuhkan dukungan dari Sekjen Kementerian Kominfo untuk mencari jalan keluar dalam hal pengajuan anggaran tambahan bagi program-program baru IKP."Sekjen Kominfo akan memberikan jalan keluar untuk program baru ini," ujarnya.

Salah satu prioritas yang menjadi perhatian Kementerian Kominfo dalam hal pengelolaan informasi adalah memberikan keadilan informasi di wilayah terdepan, terluar dan terpencil. "Ini juga tugas IKP. Kami bersama Kesekjenan menyusun anggaran tambahan tersebut dan minggu depan akan dilakukan Rapat Dengar Pendapat dengan DPR," katanya.(p/ab)