DKJ Umumkan Pemenang Kompetisi Film Vertikal #RelaksasiBeragama2022

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) mengumumkan pemenang Kompetisi Film Vertikal #RelaksasiBeragama2022. Kompetisi film vertikal tersebut adalah yang pertama di Indonesia dalam rangka merespons isu keberagaman kehidupan keberagamaan dan merupakan bagian dari Road to Madani International Film Festival 2022.

"Dalam rapat penentuan pemenang, tim juri terdiri dari Garin Nugraho (sutradara), Inaya Wahid (aktor dan aktivis), Salman Faridi (CEO Bentang Pustaka) memilih pemenang pertama dan kedua, dan keputusan tim juri menambah kategori film pilihan juri, sedangkan pemenang favorit ditetapkan dari hasil voting netizen di akun instagram @bentangpustaka," ujar Humas DKJ, Fransiskus Sena Pamudya Kirana melalui keterangan tertulis, Rabu (27/4).

Ia menjelaskan, film-film pendek vertikal tersebut merupakan adaptasi bebas dari kumpulan cerita pendek Memburu Muhammad (2020) dan Bukan Perawan Maria (2021) karya penulis Feby Indirani yang diterbitkan Bentang Pustaka.

Garin Nugroho mengatakan, film-film yang terpilih menjadi pemenang memiliki kekuatan yang terletak pada kesederhanaan cara tutur serta isu yang mampu membangun empati, karya-karya yang dikerjakan dalam unsur-unsur sinematografi yang tergarap cukup baik dan didukung oleh akting dan visualisasinya yang diolah populer.

Untuk diketahui, ajang ini menyediakan hadiah sebesar Rp 24 juta. Hadiah tersebut merupakan dana hibah dari Indonesian IATSS Forum Alumni Association (IIFA) yang aktif mengadakan pelatihan bagi anak muda di berbagai bidang seperti kewirausahaan dan pendidikan. IIFA adalah organisasi alumni Indonesia penerima beasiswa pelatihan kepemimpinan IATSS Forum di Jepang yang telah berlangsung sejak 1985.

Adapun pengumuman pemenang yang disampaikan, sebagai berikut:

1. Pemenang pertama, yakni Sepotong Cokelat Untukmu karya Kincir Angin Lab dengan hadiah Rp 10 juta

2. Pemenang kedua, yakni Awang karya Kaki Langit Production dengan hadiah Rp 7 juta

3. Pemenang favorit, yakni Memburu Muhammad karya Akar Film dengan hadiah Rp 5 juta

4. Pemenang pilihan juri, yakni Pertanyaan Malaikat karya Ilham Imanuddin dengan hadiah Rp 2 juta. (beritajakarta)