Duta Milenial Kabupaten Tangerang Sukseskan BPP Model Kostratani

By Admin


nusakini.com - Suherman Duta Milenial Kabupaten Tangerang dukung Arah kebijakan Kementerian Pertanian adalah pertanian yang maju, mandiri dan modern, maka sebagai penyuluhan pertanian harus maju, mandiri dan modern untuk membangun Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dengan cara mengoptimalkan pengembangan dan penguasaan IT.

“Dimana Subsektor Hortikultura adalah salah satu subsektor pertanian yang memiliki banyak kelebihan. Hortikukultura, kata dia, punya buah tropis, sayuran tropis, dan tanaman tropis serta ragam tanaman obat yang tidak dimiliki oleh semua Negara”, Tegas suherman yang hadir dalam kegiatan sosialisasi dan koordinasi Kosratani yang dilaksanakan di BPP Sepatan, kamis (23/07).

Perlu diketahui, buah-buahan dan sayuran asal Indonesia mampu bersaing di pasar internasional. Hal ini dibuktikan dengan konsistensi perkembangan ekspor pertanian yang terus diperlihatkan secara bulanan. 

“Ini adalah era yang penuh dengan berkah dan saya sangat bahagia apabila setiap daerah bisa menerapkannya. “Tunggu saya di daerah kalian karena saya selalu turun ke lapangan untuk mengecek,” tegasnya.

Dalam program Utama Kementerian Pertanian, Suherman menyatakan bahwa Program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (KostraTani) yang dicanangkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, bertujuan mengoptimalkan peran penyuluh pada Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) mendukung pengembangan petani maju, mandiri dan modern di era industrialisasi 4.0.

“Kostratani ibarat menu lengkap, dari hulu hingga hilir, apalagi di tengah pandemi Covid-19, peran KostraTani menjadi lebih vital. Penyuluh tetap menjadi ujung tombak dalam pendampingan petani dengan penyuluhan online. Dengan ditetapkannya BPP Sepatan sebagai modeling dari kegiatan kostratani”, tegas Suherman.

Disisi lain para petani milenial yang mengalami kendala lapangan dapat segera memutuskan kebijakan dan solusi lapangan yang menghadang petani. Dengan memanfaatkan secara optimal teknologi informasi pada Agriculture War Room (AWR) di tingkat pusat koneksi ke Agriculture Operation Room (AOR) di tingkat provinsi selaku Kostrawil, Kostrada di kabupaten/kota dan KostraTani pada BPP Sepatan.

“Kebijakan Kementerian Pertanian pada gerakan pemberdayaan petani terpadu berbasis teknologi informasi diimplementasikan pada AOR KostraTani, sekaligus menarik minat generasi milenial yang akrab dengan IT, sehingga tertarik kembali ke sektor pertanian,” jelasnya.(drea)