Gerai Pelayanan Publik, Cikal Bakal Berdirinya MPP Kota Manado

By Abdi Satria


nusakini.com-Manado-Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kota Manado, Sulawesi Utara, sudah masuk tahap pembangunan. Targetnya, triwulan pertama 2021, pembangunan MPP Kota Manado sudah rampung. Namun, Pemerintah Kota Manado telah memiliki miniatur MPP di Mal Manado Town Square, yang menyediakan sejumlah pelayanan dalam satu area. 

Langkah tersebut mendapat apresiasi dari Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa. "Saya memikirkan akan ada tantangan yang akan muncul, dengan adanya gedung sendiri akan lebih fleksibel menyesuaikan kebutuhan dengan tanggung jawab dari Pemkot Manado," ujar Diah pada kegiatan audiensi dengan Sekretaris Daerah Kota Manado, Micler CS Lakat, Selasa (22/09). 

Diah mengatakan Kementerian PANRB terus mengupayakan peningkatan penyelenggaraan MPP dengan adanya rekomendasi Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Koordinator bidang Politik Hukum dan Kemananan. Diah juga mendorong terintegrasinya berbagai jenis layanan pada MPP. 

Dengan adanya one stop service area akan membuat masyarakat Manado lebih bahagia. "Kami berharap dengan kehadiran MPP di Kota Manado, semoga ini menjadi role model tidak hanya di Sulawesi Utara tapi juga secara nasional," ungkap Diah. 

Rencananya, pembangunan MPP Kota Manado akan berdiri di lahan milik pemkot dengan luas 15.972 meter persegi. MPP tersebut berada di pusat bisnis, yang merupakan salah satu dari tujuh pengembangan reklamasi Boulevard on Bussines (BoB). MPP yang akan dibangun terdiri dari tiga lantai dengan luas lantai 3.160 meter persegi ini direncakan memiliki ruang pelayanan publik, perkantoran Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), ruang serbaguna, serta rooftop. 

Selama pembangunan MPP masih berlangsung, Pemkot Manado menyediakan Gerai Pelayanan Publik untuk melayani masyarakat. "Kami membuat miniatur MPP dengan Gerai Pelayanan Publik yang ada di dalam Mal Manado Town Square", ujar Sekda Kota Manado, Micler. 

Pada Gerai Pelayanan Publik Kota Manado terdapat sejumlah instansi yang bergabung antara lain DPMPTSP, Disdukcapil, Bapenda, Bea Cukai, Polresta Manado, Kejaksaan Negeri, Kantor Imigrasi, dan PLN. Total, ada 92 jenis layanan yang melayani sekitar 20 hingga 30 orang per hari. (p/ab)