Hanya 8 Kuota, Siswa MAN IC Batam Lolos Beasiswa Deemed University, India

By Abdi Satria


nusakini.com-Batam-Salah satu siswa MAN Insan Cendekia Kota Batam berhasil diterima di Universitas Symbiosis International (Deemed University), Pune, India. Namanya Fakhri Wijayanto, siswa lulusan tahun 2020 ini dinyatakan lulus seleksi program beasiswa Study in India (SII) Scholarship Program, yang merupakan program beasiswa penuh dari pemerintah India.  

Di Deemed University sendiri, beasiswa tersebut hanya diberikan kepada delapan siswa sedunia, salah satunya Fakhri Wijayanto. Mengambil jurusan Ilmu Komunikasi dan Informasi, Fakhri akan menjalani kuliahnya selama 3 tahun.  

Selama menjadi mahasiswa, ia akan tinggal di asrama kampus sebagai bagian dari program beasiswa tersebut. Setiap tahunnya, besaran beasiswa yang diberikan sejumlah INR 250.000 atau setara 50 juta rupiah. Jumlah tersebut sudah termasuk biaya pendidikan dan biaya hidup di asrama. Setiap tahun, pihak kampus akan mengevaluasi program beasiswa tersebut untuk kelanjutan beasiswanya. 

Saat dihubungi via telepon, Fakhri mengaku bersyukur atas kesempatan yang didapat. Ia tidak menyangka bisa lolos seleksi dan mendapat beasiswa dengan kategori Fully Funded (Beasiswa penuh). Fakhri mengaku, kuliah di luar negeri dengan beasiswa penuh merupakan mimpinya sejak awal masuk MAN IC Batam.  

“Rasa syukur dan senang yang tak terhingga. Sejak awal masuk MAN IC Batam, mimpi saya adalah bisa kuliah ke luar negeri dengan beasiswa penuh. Alhamdulillah, Allah mudahkan segala urusannya,” ucap Fakhri, Jumat (25/09). 

Fakhri berharap dan meminta doa agar dalam masa studinya, ia diberikan kelancaran dan kemudahan mengikuti setiap kegiatan, dan mampu menyelesaikan studi tepat waktu. “Semoga bisa menjalani perkuliahan dengan lancar. Saya pun bisa mempertahankan nilai akademik maupun non akademik yang baik. Sehingga kelak ketika kembali ke tanah air, saya bisa mengamalkan ilmu, wawasan, serta pengalaman yang didapat,” pungkasnya. 

Kepala MAN IC Batam Rudianto turut bangga dan mendukung penuh atas prestasi yang didapat ananda Fakhri. Atas nama civitas MAN IC Batam, Rudianto mengucapkan selamat dan sukses. Kamad berharap, prestasi yang diperoleh Fakhri Wijayanto bisa menjadi motivasi dan penggerak bagi lulusan MAN IC Batam berikutnya, juga bisa menjadi inspirasi bagi sekolah lainnya. 

“Selamat untuk ananda Fakhri, semoga bisa menjadi motivasi dan penggerak bagi lulusan MAN IC Batam berikutnya. Kuliah di luar negeri dengan beasiswa penuh merupakan kebanggaan dan kesempatan yang tidak semua orang dapatkan. Kami doakan, semoga Ananda bisa menjalani proses perkuliahan dengan baik dan lancar mendapat hasil terbaik dan lulus dengan predikat Cumlaude. Semoga terus mendapat beasiswa lagi hingga ke jenjang S3,” tutur Kamad MAN IC Batam. 

Selama menjadi siswa MAN IC Batam, Fakhri merupakan salah satu siswa yang berprestasi di bidang Karya Tulis Ilmiah dan Penelitian. Beberapa kali menjuarai even di tingkat nasional bahkan internasional. Terakhir, Fakhri berhasil meraih medali emas tingkat internasional dalam acara AZSciences 2020 International Science, Technology, and Design Competition yang diselenggarakan oleh AZSciences yang berbasis di Turki dan Amerika. Even AZS2020 ini merupakan salah satu even afiliasi Indonesia Young Scientist Association (IYSA).(p/ab)