Harapkan Lulusan STIF Syentra Jadi Cendekiawan Muslim Moderat

By Admin


nusakini.com - Jakarta,  Sebagai lembaga pendidikan yang bergerak dibidang keagamaan, Sekolah Tinggi Ilmu Fiqih Syeikh Nawawi Tanara Banten (STIF Syentra) diharapkan mampu mencetak lulusan yang dapat menjadi kader ulama dengan pemahaman keagamaan yang mendalam (_tafaqquh fid-din_), berpandangan moderat (_tawassuthy_), mempunyai jiwa pengembangan ilmu (_tathawwury_), dan mempunyai kemampuan metodologis dalam menganalisis suatu masalah (_manhajiy_).

“Oleh karena itu, saya ingin nanti sarjana-sarjana yang tamat ini tidak berpikir tekstual, tidak berpikir rigid, tidak berpikir liberal, tetapi berpikir moderat, dinamis, tetapi berada di dalam manhaj, ada relnya, yaitu ada metodologinya,” pesan Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma'ruf Amin pada acara Wisuda Sarjana Strata 1 Angkatan I STIF Syentra secara virtual di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro No.2, Jakarta Pusat, Sabtu (26/09/2020).

Lebih lanjut, Wapres meminta para sarjana ilmu fiqih ini, nantinya dapat menerapkan ilmunya tidak hanya untuk menjadi bimbingan atau tuntunan umat tetapi juga menjadi solusi berbagai permasalahan dalam kehidupan pribadi, beragama dan bernegara.

 “_Fiqih_ itu juga sifatnya fleksibel. Dan _fiqih_ juga selain menyangkut masalah bimbingan/tuntunan juga merupakan solusi-solusi, _makharij diniyyah_, solusi keagamaan, _makharij ummatiyah_, solusi keumatan, bahkan juga seringkali _fiqih_ bisa menjadi _makharij wathoniyah_, solusi kebangsaan dan kenegaraan,” paparnya.

Terlebih, menurut Wapres, ilmu _fiqih_ yang diajarkan pada STIF Syentra adalah ilmu _fiqih_ muamalah, misalnya _fiqih_ yang menyangkut masalah ekonomi, terutama sektor keuangan. Hal ini sesuai dengan visi pesantren Syeikh Nawawi yaitu selain menjadi pencetak orang-orang yang paham agama, tetapi juga menjadi pusat perbaikan, perubahan, inovasi, dan pemberdayaan masyarakat.

“Oleh karena itu, maka STIF ini kita lengkapi selain belajar akademik juga dilengkapi dengan yaitu Bank Wakaf Mikro, _Baitul Maal wa Tamwil_ (BMT), selain untuk menjadi tempat laboratorium pelatihan mahasiswa, juga untuk melakukan pengembangan masyarakat, pembiayaan-pembiayaan masyarakat, sehingga [perguruan tinggi] ini menjadi tempat perubahan terutama di dalam pengembangan ekonomi, baik di sektor keuangan maupun di sektor retail dan juga pengembangan-pengembangan lainnya,” imbuhnya.

 Mengakhiri sambutannya, Wapres menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan dan wisudawati STIF SYENTRA, sekaligus meluncurkan pemanfaatan akses internet Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk pembelajaran jarak jauh dan _mobile_ BMT STIF Syentra.

Sebelumnya, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi juga berpesan kepada para wisudawan yang berjumlah 31 orang, yang terdiri dari 24 orang dari Program Studi Hukum Ekonomi Syariah dan 7 orang dari Program Studi Hukum Keluarga Islam, agar ilmu pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama studi dapat diamalkan, dikembangkan, dan terus dimanfaatkan kepada masyarakat luas. 

“Komitmen dan kontribusi nyata dalam membangun bangsa ini sangat penting. Negara kita yang kita cintai butuh semua warga negaranya untuk saling bergotong royong, bersemangat untuk mendedikasikan dirinya membangun negara dan bangsa dengan segala kapasitas yang dimiliki,” pesannya.

Sementara, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Syeikh Nawawi Tanara Siti Ma’rifah mengatakan STIF Syentra merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional. Oleh karena itu, perguruan tinggi ini akan terus meningkatkan pembinaan sehingga menghasilkan lulusan yang lebih baik lagi di masa mendatang. 

“Kami sadar bahwa tugas kami adalah mengupayakan untuk terus meningkatkan pembinaan, khususnya pada perguruan tinggi ini, agar kualitas lulusannya dapat dibanggakan, serta kiprah para alumni di tengah-tengah masyarakat dapat semakin dirasakan manfaatnya,” kata Siti Ma’rifah. 

Sebagai informasi, STIF Syentra merupakan sekolah tinggi yang didirikan di desa kecil, Desa Tanara, Kabupaten Serang, Provinsi Banten atas dasar rekomendasi Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (Kopertais) Wilayah II Jawa Barat. 

Pada tahun 2016 perguruan tinggi ini memperoleh izin operasional dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia dengan dikeluarkannya Surat Keputusan No.603 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Fiqih Syeikh Nawawi Tanara pada tanggal 1 Februari 2016, menjadi awal pembuka gerbang aktivitas keilmuan di kampus ini.

 Sekolah Tinggi Ilmu Fiqih ini menyematkan nama Syeikh Nawawi Tanara karena suatu bentuk penghormatan kepada Syeikh Nawawi al-Bantani yang lahir di Tanara Serang Banten (1813-1897 M), yang merupakan seorang ulama besar asal Banten yang dijuluki Pemimpin Ulama Hijaz (_Sayyid Ulama al-Hijaz_), Imam yang Mumpuni Ilmunya (_Al-Imam al-Muhaqqiq wa al-Fahhamah al-Mudaqqiq_), Tokoh Ulama Abad 14 Hijriah (_A’yan Ulama al-Qarn al-Ram Asyar li al-Hijrah_), dan Imam Ulama Dua Kota Suci (_Imam Ulama al-Haramain_). 

Turut hadir dalam acara ini, Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin, Koordinator Kopertais I Wilayah Jakarta dan Banten Amany Burhanuddin Umar Lubis, para Sekretaris Jenderal Kementerian Kabinet Indonesia Maju, jajaran Forum Muspida Provinsi Banten, perwakilan BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika, segenap civitas akademika STIF Syentra serta para orang tua wisudawan. (EP/AF/SK-KIP)