Ini Sebaran Investor Sukuk Tabungan seri ST-001

By Admin

nusakini.com-- Pemerintah telah melakukan penjatahan Sukuk Tabungan seri ST-001. Berdasarkan sebaran wilayah, investor terbesar pemesan sukuk tabungan ini berasal dari wilayah Indonesia Bagian Barat (kecuali DKI Jakarta) yaitu sebesar 59 %. Sedangkan dari wilayah DKI Jakarta tercatat di peringkat kedua terbanyak dengan 32 %, diikuti dari Indonesia Bagian Tengah sebesar 6% dan Indonesia Bagian Timur sebesar 3 %. 

Dari data DJPPR, berdasarkan kelompok profesi, jumlah investor dari pegawai swasta / profesional merupakan yang paling banyak berinvestasi dalam sukuk tabungan ini yaitu sebanyak 40 %. Profesi terbanyak selanjutnya berasal dari wiraswasta sebanyak 18 %, pegawai otoritas/lembaga/BUMN/BUMD sebanyak 13%, dan dari kalangan PNS, TNI/Polri sebanyak 13 %. Sedangkan untuk kelompok ibu rumah tangga dan lainnya (pensiunan, pelajar/mahasiswa, pekerja seni, dll) adalah sebanyak 9 % dan 7 %. 

Sementara itu, berdasarkan kategori usia, jumlah investor terbanyak berada di usia 41-55 tahun sebanyak 39 % dan di atas 55 tahun sebanyak 35 %. Untuk usia 25 - 40 tahun, jumlah investor adalah sebanyak 24 % dan jumlah terkecil berasal dari kategori usia di bawah 25 tahun. (p/ab)