Jokowi Minta Hasil Kunjungan Eropa Ditindaklanjuti

By Admin


nusakini.com - Jakarta Presiden Joko Widodo meminta para menterinya untuk segera menindaklanjuti hasil kesepakatan dan kerja sama saat kunjungan kenegaraannya ke Eropa pada 17-23 April 2016.Hal itu ditegaskan Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas yang membahas hasil kunjungan ke Eropa di Kantor Presiden, Senin (25/4/2016). 

Presiden meminta hasil kunjungan ke Jerman yang lebih difokuskan pada kerja sama pendidikan vokasi (ketrampilan) segera ditindaklanjuti, misalnya dengan membuka sekolah vokasi dengan jumlah besar.

"Saya minta koordinasi bidang vokasi secara besar-besaran, antara Kementerian Dikti (Pendidikan Tinggi), (Kementerian) Dikbud (Pendidikan dan Kebudayaan), (Kementerian) Tenaga Kerja," kata Jokowi.

Sementara untuk kunjungan ke Belanda, Presiden meminta para menteri yang terkait untuk segera menindaklanjuti kerja sama kemaritiman.

"(Belanda) unggul di bidang pelabuhan dan pengelolaan air. Kementerian PU (Pekerjaan Umum), Kementerian Perhubungan dan kementerian terkait lainnya masuk dalam bidang ini," jelas Presiden.

Jokowi juga meminta para menterinya untuk mempersiapkan kunjungan Ratu Belanda Maxima yang akan datang ke Indonesia pada Agustus 2016 mendatang.

Dalam ratas terbatas itu, Presiden juga meminta hasil kunjungan ke Inggris yang hanya fokus pada ekonomi dan industri kreatif juga segera ditindaklanjuti.

Sedangkan terkait hasil kunjungan ke Uni Eropa, Presiden meminta tindak lanjut dari Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) yang telah menyelesaikan scoping paperyang memuat aspirasi bersama mengenai kedalaman dan cakupan skema kerja sama tersebut.(ab)