Jokowi: Pengampunan Pajak Bermanfaat Untuk Penerimaan

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan pengampunan pajak akan diterapkan untuk memberikan manfaat nyata bagi kepentingan nasional, terutama penerimaan negara. Selain itu juga untuk memperluas basis pajak. "Kedepan kita mempunyai data yang lebih banyak lagi untuk wajib pajak kita," katanya saat membuka rapat terbatas mengenai RUU Pengampunan Pajak di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (25/4/2016).

Jokowi juga berharap arus uang masuk tersebut dapat menggerakkan ekonomi nasional. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga memerintahkan kepada Direktorat Jenderal Pajak agar terus melakukan reformasi perpajakan.

Jokowi menambahkan tujuan lain yang ingin dicapai dengan pengampunan pajak adalah adanya repatriasi modal dari luar negeri ke Indonesia. "Sehingga kita akan dapatkan pengembalian modal yang lama tersimpan di bank luar negeri," kata Jokowi.

Penegakan hukum terhadap wajib pajak harus terus dilakukan. Terutama apabila nantinya ditemukan ketidakbenaran dalam data wajib pajak yang mengikuti pengampunan pajak. (ab)