Kabar Duka, Politisi Senior Max Sopacua Meninggal Dunia

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Politisi senior Max Sopacua dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (17/11/2021) pagi.

Anak Max, Ferro Sopacua menuturkan, sang ayah telah dirawat selama 17 hari di RSPAD Gatot Soebroto setelah mengalami sakit di paru-paru. 

Kabar duka ini juga dibenarkan oleh koleganya, di partai Demokrat kubu Moledoko, Darmizal.

Darmizal berkata, jenazah Max akan dibawa ke rumah duka di Bogor, Jawa Barat.

“Benar [Max meninggal dunia]. Jam 08.00 WIB pagi ini diberangkatkan dari RSPAD ke rumah duka di Bogor," kata Darmizal, Rabu (17/11).

Darmizal mengaku belum mengetahui penyebab atau sakit yang diderita Max hingga meninggal dunia secara pasti. Namun, menurutnya, kondisi kesehatan Max menurun usai menjalani operasi jantung pada 2020 silam.

"Belum dapat kepastian penyebabnya, kondisi beliau menurun pasca operasi jantung akhir tahun lalu," kata Darmizal.

Max diberhentikan sebagai kader Demokrat setelah diketahui bergabung dengan kelompok yang berupaya melakukan kudeta terhadap Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) lewat gelaran Kongres Luar Biasa (KLB).

Sebelum kembali ke Demokrat dan bergabung dengan kelompok yang berupaya melakukan kudeta terhadap AHY, Max diketahui telah berpindah partai politik dengan menduduki jabatan Ketua Dewan Pembina Partai Era Masyarakat Sejahtera (Emas) selama beberapa waktu.

Sebelum terjun di dunia politik, Max dikenal sebagai presenter dan produser acara-acara olahraga di Televisi Republik Indonesia (TVRI) pada masa Orde Baru. (*)