Kapolda Papua Barat Jamin Kerusuhan Tolikara 2015 Tak Akan Terulang Lagi

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Saat ditemui di kantor MenkoPolhukam, Senin (25/4/2016), Kapolda Papua Barat, Irjen Paulus Waterpau menjamin keamanan di Tolikara dan seluruh daerah di Papua Barat menjelang bulan Ramadhan. Pendekatan untuk membuat perdamaian di Tolikara terus dilakukan.

Paulus mengatakan, hingga saat ini kondisi di Tolikara maupun Papua Barat masih dalam keadaan aman. Meski begitu, ancaman dan gejolak masih perlu diantisipasi.

Paulus menambahkan, pendekatan dan cipta kondisi serta pembinaan kepada masyarakat dan seluruh pemuda terus dilakukan. Ada sinergi positif di kalangan masyarakat muda untuk berkomitmen menjaga perdamaian di Papua.

Namun, Paulus tak menampik, konflik bisa saja terjadi menyusul adanya beberapa isu yang membuat ketegangan muncul. Oleh karenanya, dengan cara pendekatan ke seluruh pihak akan menjadi cara paling efektif untuk mencegah kerusuhan terjadi.

Lanjut Paulus, selain itu, pendekatan hukum juga tetap akan dilakukan jika memang konflik telah terjadi. Paulus mengatakan, pihaknya akan tetap memproses jika memang ada oknum-oknum yang menyulut konflik.

Kemudian Paulus berharap, kasus kerusuhan seperti Ramadhan tahun 2015 lalu di Papua tidak terulang lagi dengan antisipasi dini yang sudah dilakukan oleh jajaran Kepolisian Daerah Papua Barat.(if/mk)