Kemenpar Promosi Destinasi Wisata Dengan Komunikasi Pemasaran

By Admin


nusakini.com - Denpasar - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus mempromosikan destinasi wisata di Indonesia melalui branding "Wonderful Indonesia" (WI). Salah satu stateginya adalah penguatan komunikasi pemasaran yang diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegera,

Hal itu diungkap oleh Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kementerian Pariwisata, Rizky Handayani, di Denpasar, Minggu (24/4/2016).

Menurut Rizky, dengan strategi yang diformulasikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya tersebut, Kementerian Pariwisata dianugerahi penghargaan sebagai "Best Destination Award" oleh The Leaders Internasional yang bermarkas di Malaysia.

"Branding di semua pasar prioritas untuk meningkatkan awareness dunia terhadap destinasi wisata di Indonesia. Selain itu juga peningkatan kehadiran secara langsung Wonderful Indonesia di negara sumber pasar seperti pada pameran pariwisata, yang membuat branding tersebut cepat dikenal masyarakat internasional," ujar Rizky.

Sementara itu, Kepala Bidang Media Elektronik Asdep Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, Agustini Rahayu, menyatakan bahwa strategi marketing lainnya yang diterapkan adalah melalui promosi besar-besaran melalui media internasional.

"Juga memberikan kemudahan bagi wisatawan mancanegara untuk masuk ke Indonesia seperti adanya bebas visa 169 negara," ujar Agustini.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kunjungan wisatawan mancanegara dalam arti luas ke Indonesia pada Maret 2016 lalu tercatat sebanyak 888.309 kunjungan. Angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 5,26 persen jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.(ab)