Kerusuhan Lapas Banceuy Harus Disikapi Secara Nasional

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Kasus kebakaran Lapas Kelas IIA Banceuy, Kota Bandung pada Sabtu (23/4/2016) harus disikapi serius secara nasional. Hal itu ditegaskan anggota Komisi III DRP RI, Sufmi Dasco Ahmad, Minggu (24/4/2016). "Saya meminta pemerintah menindaklanjuti kericuhan dan aksi anarkis yang dilakukan narapidana," ujar Sufmi.

Sufmi mengingatkan kasus pembakaran LP Banceuy merupakan kali kedua dalam dua bulan terakhir. Sebelumnya, pada akhir Maret lalu, narapidana di LP Bengkulu juga melakukan kerusuhan, yakni membakar sejumlah blok tahanan.

Sufmi menambahkan apabila kasus tersebut terlambat diantisipasi, hal serupa bisa kembali terjadi di lapas lainnya. Menurutnya, saat ini yang terpenting, yakni penambahan jumlah pegawai di lapas. Khususnya, agar bisa mengawasi dan mengamankan warga binaan."Saat ini, rasio satu pegawai, harus mengawasi 55 warga binaan. Hal tersebut sangat kurang proporsional," paparnya.

Sebelumnya, Kepala Lapas Banceuy Agus Irianto menuturkan, kerusuhan di LP Banceuy bermula saat para narapidana melembar batu dan botol ke arah bangunan depan lapas.

Kemudian, aksi tersebut dilanjutkan dengan aksi pembakaran lapas. Aksi tersebut diduga dipicu adanya kekecewaan para narapidana terhadap meninggalnya rekan mereka yang tengah diisolasi. (ab)