Komitmen Cerdaskan Investor, PanenSAHAM Datangi Padang dan Bukittinggi

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Jakarta--Saham menjadi salah satu instrumen investasi yang saat ini banyak dipilih oleh para investor, baik pemula maupun yang sudah pro.

Saat ini, investasi saham banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat dari berbagai usia, terutama kaum milenial yang saat ini gencar menjadi investor saham.

Jumlah investor di pasar modal juga terus meningkat jumlahnya. Diketahui bahwa jumlah Single Investor Identification (SID) meningkat sebesar 262,3% semenjak tahun 2019 dan hingga Juni 2022 totalnya menjadi 4 juta SID.

Hal ini dikarenakan investasi saham yang dapat memberikan penghasilan tambahan untuk membantu dan mencukupi kebutuhan para investor.

Di samping itu, penting juga untuk dapat memahami dan memilih saham yang tepat untuk dijadikan investasi. Terutama bagi investor pemula yang akan membeli saham, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli saham. Yaitu diantaranya adalah mengetahui profil

risiko, menentukan tujuan investasi, dan menentukan jumlah investasi.

Dalam menentukan perusahaan mana yang ingin dijadikan pilihan investasi, perlu juga untuk mengetahui terlebih dahulu fundamental dari perusahaan, mencari atau meminta nasihat kepada pialang, broker atau investor profesional, serta memahami analisis teknikal atau fundamental saham. Karena dalam berinvestasi, analisis fundamental sangat berpengaruh dalam memperbesar keuntungan.

Analisis fundamental sendiri merupakan proses mengumpulkan dan mengolah informasi yang ada untuk mengukur nilai intrinsik sekuritas dengan cara memeriksa faktor finansial serta keuangan yang terkait dengan emiten yang terdaftar di bursa saham.

Top-down approach merupakan salah satu pendekatan yang seringkali digunakan dalam proses analisis fundamental saham.

Pendekatan tersebut dilakukan dengan cara memeriksa kondisi makro, sektoral, dan mikro perusahaan secara kualitatif dan kuantitatif.

Analisis fundamental saham banyak digunakan oleh investor yang memilih investasi jangka panjang dan swing atau position trader.

Dalam memilih transaksi saham yang cocok, analisis fundamental saham dapat dijadikan salah satu acuan untuk dapat memilih perusahaan yang tepat.

Selain itu, analisis fundamental juga dapat membantu investor dalam memprediksi waktu yang tepat untuk masuk atau keluar dari saham, mengetahui nilai wajar dari saham, hingga memutuskan pembelian atau penjualan saham tanpa stres yang berlebih.

Dari data-data yang diperoleh melalui analisis fundamental saham tersebut, nantinya akan diketahui saham apa saja yang tepat dengan tingkat prediksi keuntungan yang tinggi.

Oleh sebab itu, analisis fundamental berperan penting dalam probabilitas kesuksesan ketika berinvestasi saham.

Melihat pentingnya memilih saham yang tepat tersebut, Anthony sebagai CEO PanenSAHAM Sekuritas Indonesia yang bermitra dengan Mandiri Sekuritas, berupaya untuk memberikan pemahaman kepada para investor di seluruh Indonesia dengan menggelar edukasi saham yang digelar secara gratis.

Anthony berkomitmen dalam mengadakan edukasi dengan berkeliling Indonesia untuk dapat menyebarluaskan pengalaman serta informasi mengenai investasi saham kepada banyak investor agar mampu sukses dalam berinvestasi.

"Kalau anda sudah dewasa di Pasar Modal, anda tidak akan tertarik lagi dengan Teknikal Analisis, tapi lebih memperhatikan Fundamental Analisis," kata Anthony kepada awak media, Senin 26 Desember 2022.

Diketahui, Anthony baru saja menggelar edukasi saham pada Sabtu, 17 Desember di Bukittinggi dengan tema “Dengan Mudah, Anda Bisa Memulai Investasi Saham” dan pada Minggu, 18 Desember 2022 mengadakan edukasi juga di Kota Padang dengan tema “Cara Memilih Saham Yang Tepat Serta Analisanya”.

Dalam edukasi gratis yang diikuti oleh 40 peserta tersebut, para peserta juga mempelajari MONIKA yakni kalkulator pintar dari PanenSAHAM yang dapat memudahkan investor pasar modal untuk mengambil keputusan secara mandiri untuk menjual ataupun membeli saham.

Tak hanya itu saja, para peserta juga akan mendapatkan paket MONIKA gratis selama 3 bulan, merchandise berupa notebook hingga pulpen untuk pembukaan rekening saham perdana.

"Edukasi ini membuat saya mengerti manfaat dan segera ingin memulai investasi saham. Semoga edukasi seperti ini sering diadakan agar masyarakat luas semakin paham manfaat dari berinvestasi saham," ujar Rahman Arahim (27), salah satu peserta edukasi di Bukittinggi.

"Edukasi saham bersama Pak Anthony sangat keren sekali, manfaatnya sangat terasa buat saya pribadi," tambah Cindy (23) yang juga salah satu peserta di Bukittinggi.(rilis/Rajendra)