Komunitas Jurnalis Berbagi (KJB) Salurkan Paket Sembako dan Masker ke Warga

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Setelah menyalurkan APD, masker, maupun paket makanan nasi dos ke medis dan masyarakat beberapa waktu lalu, Komunitas Jurnalis Berbagi kembali beraksi untuk menyalurkan sembako dan masker ke sejumlah titik pada Kamis, 16 April 2020 lalu.

Sebanyak 50 paket sembako yang berisi beras, minyak goreng, Indomie, gula pasir, sabun, satu ayam potong dan 12 lusin masker dibagikan kepada warga yang terkena imbas Corona masing-masing di Daeng Tata, Daeng Ngadde, Kelurahan Maccini, Veteran, Hertasning, Barawaja, Sungai Saddang, dan beberapa titik lainnya.

Adapun warga yang menerima bahan pokok di antaranya tukang becak, tukang bentor, pemulung, petugas kebersihan, tukang becak, tukang bangunan, warga yang dirumahkan sehingga kehilangan pekerjaan, korban PHK, IRT, petugas keamanan, sopir pete-pete, dan lainnya.

Koordinator Jurnalis Berbagi, Echa Panrita Lopi mengatakan di tengah dampak wabah Corona, pihaknya terus gencar melakukan aksi donasi untuk melakukan pencegahan dan bantuan sosial ke masyarakat dengan cara membagikan membagikan masker, paket sembako ataupun makanan.

Menurutnya, pembagian sembako ini adalah hasil donasi dari para donatur Komunitas Jurnalis Berbagi yang mendapatkan informasi yang kita sebarkan melalui sosial media dan relawan.

"Terima kasih untuk para donatur atas kepercayaannya. Bersyukur kami bisa berbagi rasa, terhadap saudara-saudara kita pejuang nafkah keluarganya. Kami berdoa semua ini cepat berlalu dan yang masih bekerja diberikan kesehatan dan Keselamatan," beber Echa yang juga Koordinator Jurnalis Berhijab (KJB) Indonesia area KTI.

"Berharap apa yang kami berikan bisa benar-benar dirasakan manfaatnya, setidaknya bisa memberikan amunisi untuk kebutuhan keluarga. Mohon diterima dan jangan dinilai besarnya yang diberikan tapi semoga ini bisa membantu dan bermanfaar," lanjut Echa yang juga Redaktur Makassar Terkini/ Terkini.id ini.

Senada dengan Andi Hajramurni koresponden The Jakarta Post, Komunitas Jurnalis Berbagi terus menyiapkan paket sembako maupun paket makanan untuk dibagikan bagi pekerja informal seperti tukang bentor, pedagang, pekerja harian, sopir pete-pete dan keluarga prasejahtera lainnya yang masih harus masih berjuang memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari juga karyawan yang dirumahkan.

Pihaknya membuka posko bantuan atau donasi Pandemi Covid-19 di Perumahan Graha Tirta Duta Blok C1B Jalan Daeng Tata I Blok V Makassar. KJB bisa terus mendistribusikan bantuan kepada warga yang terdampak corona.

"Silahkan bagi yang ingin berpartisipasi, gotong royong kita hadapi corona ini dengan tolong menolong, kami dari Komunitas Jurnalis Berbagi (KJB) siap mengumpulkan donasi Anda untuk disalurkan ke mereka yang benar-benar terdampak dari wabah Corona ini," ujar Ajra yang juga salah satu penggagas Komunitas Jurnalis Berbagi tersebut.

Ia juga mengajak kepada seluruh masyarakat bahwa selama masa-masa sulit ini, tetap mengikuti imbauan pemerintah, lakukan psycal distancing, sambil terus menggaungkan semangat serta aksi untuk berbagi kepada sesama yang terdampak Covid-19.

"Ayo, kita bergerak bersama untuk saling meringankan masalah warga prasejahtera di tengah wabah virus corona. Ucapan terima kasih juga kepada rekan-rekan jurnalis yang mau ikut meluangkan waktu dan tenaganya membantu mereka," harapnya.

Diketahui saat ini jurnalis yang tergabung dalam Komunitas Jurnalis Berbagi (KJB) ini, diantaranya Makassar Terkini, Koresponden The Jakarta Post, Radar Selatan, radio Raz FM, Upeks, Layar News, Fajar, Rakyatku, Radio Gamasi, Koran Makassar, ex Vechanel, dan beberapa relawan lainnya.(R/Rajendra)