Live Boxing tvone: Bradley: Crawford Akan Tersandung Porter (Bagian ke-2)

By Abdi Satria


Oleh:   M. Nigara   (Wartawan Senior/ Komentator Tinju tvone)

KESULITAN mencari petarung yang mirip dan mendekati gaya Terance Crawford, untuk berlatih tanding, Kenny Porter, pelatih yang juga ayah kandung Shawn Porter, meminta bantuan Floyd Mayweather Jr untuk mendatangkan Gervonta Davis. Dalam sisa waktu satu mingggu, Davis dimaksimalkan untuk melakukan latih tanding. 

“Ini sesi sparring tingkat tinggi, “ kata Kenny. “Meski demikian, kami harus menjaga agar keduanya (Porter dan Davis) tidak habis-habisan. Keduanya harus menghindari emosi dan perasaan berlebih, agar tidak terluka, “ katanya lagi. 

Pemilihan Gervonta Davis menurut Kenny bukan tanpa perhitungan yang cermat. Dia (Davis) dan Crawford sama-sama memiliki gaya Southpaw (kidal). Selain itu, masih kata Kenny, speed and power Gervonta Davis berada di atas Crawford. “Sungguh ini satu latih-tanding yang akan sangat bermanfaat bagi Porter di atas ring nanti.” 

Seperti dikutip dari Global Boxing News and Commentary, Kenny melanjutkan belum pernah ia dan putranya melakukan persiapan seperti saat ini. Satu minggu penuh berlatih-tanding dengan Davis. Selain itu, ada beberapa nama lain yang ikut membantunya dalam persiapan kali ini: Caleb Plant, sempat ambil bagian. Ia juga sama-sama memanfaatkan latih-tanding dengan Porter jelang tarung dengan Canelo. Sayang  akhirnya Plant kalah dari Saul Canelo Alvarez (6/11/2021). Ada juga Dennis Doughlin, dan  Andre Dirrell. 

Dengan posisi itu, maka sesi latih-tanding Porter menjadi lengkap. “Saya yakin betul Crawford akan mengalami kesulitan. Dia (Crawford) akan membutuhkan esktra untuk bisa membidik dan menjebak Porter,” pungkas sang ayah, Kenny Porter. 

Batu Sandung

Menurut Timothy Bradley Jr, mantan juara dunia di tiga kelas berbeda, lightweiht WBC, Light welterweight WBO, dan welterweight WBO. “Dia (Porter) sudah berlaga dengan banyak petinju besar dan memenangkan pertarungan dengan baik,” puji Bradley Jr. 

Porter menang atas Yordenis Ugas, Danny Garcia, Andre Berto, Adrian Broner, dan Paulie Malignaggi. Serta hanya kalah tipis dari Kell Brook dan Keiht Thurman. “Jadi kehebatan Porter menurut saya sangat tinggi. “Bukan tidak mungkin Porter akan jadi batu sandung bagi Crawford. Dan, bukan tidak mungkin juga gelarnya akan dirampas oleh Porter!” tandas Bradley. 

Senada dengan Breadley, Diego Magdaleno yang sempat tiga kali bertemu Crawford  di amatir, juga yakin bahwa Porter akan mampu membendung Crawford. “Sungguh Porter akan merepotkan Crawford!" tegas Magdaleno. 

Lalu, bagaimana persiapan Terance Crawford sendiri? Ikuti terus persiapan Live Boxing tvone bagian ke-3 (*)