nusakini.com - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengisyaratkan bakal pensiun dari sepakbola pasca-kontraknya habis bersama The Reds.

Dalam 12 bulan terakhir, Klopp sukses memenangkan empat trofi bersama Liverpool. Mulai dari Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, dan Liga Primer Inggris.

Desember lalu, Klopp meneken kontrak baru di Liverpool. Pelatih asal Jerman berusia 53 tahun itu terikat kontrak anyar hingga 2024 di Anfield.

“Saya akan mengambil cuti panjang, kemudian saya akan bertanya pada diri sendiri apakah saya masih merindukan sepakbola,” ucap Klopp kepada Sportbuzzer, Senin (17/8).

“Jika jawabannya tidak, Jurgen Klopp akan berhenti sebagai pelatih,” tambahnya.

Di EPL, masih ada satu trofi bergengsi [Piala FA] dan dua trofi lainnya [Piala Liga Inggris dan Community Shield] yang belum dicicipi Klopp.

“Kami tidak ingin mempertahankan gelar apapun, yang kami harapkan adalah memenangkan gelar yang baru,” pungkas pelatih Liverpool sejak musim 2015/16 itu.

Klopp memulai karier kepelatihan di Mainz pada 2001 dan berhasil mengantarkan timnya promosi untuk kali pertama ke Bundesliga Jerman pada musim 2003/04.

Lalu, Klopp didatangkan Borussia Dortmund pada 2008. Tujuh tahun bersama Die Borussen, pelatih bertopi itu memenangkan dua titel Bundesliga dan Piala DFB-Pokal sebelum hijrah ke Liverpool.

Adapun pada akhir bulan ini, Klopp berpeluang mencentang satu trofi yang belum didapat saat Liverpool melawan Arsenal pada ajang Community Shield di Wembley, 29 Agustus mendatang. (gi/om)