Menjadikan Produk Kerajinan Indonesia Mampu Bersaing di Pasar Dunia

By Admin


nusakini.com - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) diharapkan dapat menjadi lembaga yang handal dengan produk-produk yang dapat menguasai pasar dunia. “Selaku Pembina Dekranas, Ibu Iriana Joko Widodo telah menekankan agar Dekranas dapat menjadi lembaga handal dalam menghasilkan produk-produk berkualitas dan dapat menguasai pasar dunia,” tutur Ibu Mufidah Jusuf Kalla selaku Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional pada Pembukaan Rapat Kerja Nasional Dekranas sekaligus Pameran HUT Dekranas Ke-36, di Jakarta, Selasa (17/05/2016) seperti dikutip pada laman resmi Kominfo.

Ditambahkan Ketua Umum Dekranas bahwa bersama pemangku kepentingan di bidang seni kerajinan Dekranas telah melakukan kemitraan dengan beberapa pihak dengan memanfaatkan jasa Teknologi Telekomunikasi dan Digital Cluster yakni dengan mengembangkan website Dekranas www.dekranas.id. “Situs ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi edukasi dalam meningkatkan daya saing dan terdapat banyak informasi untuk para pengrajin dan pengurus serta pihak terkait lainnya dalam membuat produk berdaya saing tinggi,” tandas Ibu Mufida Jusuf Kalla.

Ibu Mufida Jusuf Kalla juga menegaskan bahwa tujuan Rakernas Dekranas 2016 yang mengambil tema “Pengrajin Kreatif di Era Digital” adalah untuk menyelaraskan dan mensinkronkan, mensinergikan program dan kegiatan se-Dekrasda dalam mengembangkan sumber daya pengrajin dan regenerasi pengrajin untuk meningkatkan daya saing produk.

“Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan diperlukan keberpihakan dan fasilitasi dari Pemerintah. Oleh karena itu kepada Pemerintah dan pihak terkait saya meminta seni kerajinan dapat dimasukan ke dalam kurikulum ekstrakurikuler ditingkat SD hingga SMA atau sederajat, seperti cara membuat kerajinan setempat dengan memanfaatkan sumber daya lokal,” harap Ketum Dekranas.

Pada bagian akhir sambutannya Ketum Dekranas itu mengharapkan agar Rakernas dan Pameran 2016 ini menjadi icon kerajinan dan pameran di tahun mendatang.

Di awal pembukaan disampaikan laporan dari Ketua Panitia Pelaksana Acara Ibu Trianna Rudiantara. Pada Rakernas Dekranas 2016 diberikan penghargaan kepada para Pemenang Lomba Online Kreatifitas Dekranas, dan Dekranas Awards 2015 kepada Lembaga Pembina Teladan dan Karya Kriya Unggulan Terbaik Indonesia.

Tampak hadir pada acara Puncak HUT Dekranas Ke-36 ini Pembina Dekranas Ibu Iriana Joko Widodo, Menteri Perindustrian Saleh Husein, para sesepuh Dekranas, para Istri Kabinet Kerja dan seluruh pengurus Dekranasda dari seluruh Indonesia. Acara diselenggarakan di Convention Centre Gedung Smesco UKM, Jakarta. (dps/mk)