Menko PMK: Kongres Teknologi Nasional Harus Mampu Hasilkan Teknologi yang Dapat Diterapkan

By Admin


nusakini.com"Saya sangat mengapresiasi acara yang dilakukan oleh BPPT. Hal semacam ini sangat penting dalam pengembangan IPTEK yang menjadi kunci dalam peningkatan daya saing bangsa", ucap Menteri Koodinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani dalam sambutannya pada acara Kongres Teknologi Nasional, di Auditorium BPPT (25/07/2016). 

Puan menambahkan, pemerintah sangat berkomitmen dalam membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) yang menjadi dasar dalam kemajuan IPTEK. Menurutnya, teknologi yang berkembang pesat saat ini akan maju tanpa adanya SDM yang berkualitas.

"Saya senantiasa mendorong ketujuh bidang teknologi yang ada di BPPT, yakni Teknologi Pangan, Energi, Kesehatan dan Obat, Transportasi, Telekomunikasi, Pertahanan dan Keamanan serta Teknologi Material untuk terus dikembangkan. Karena dimasa yang tidak terlalu lama, manfaat dari ke tujuh bidang teknologi tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat", jelas Puan. 

Dirinya menilai, dengan teknologi yang tepat guna, masyarakat yang berada dipedesaan pun dapat dan mampu bersaing dengan perkotaan. Dengan teknologi tepat guna serta SDM dan SDM yang ada, Ia yakin perekonomian Indonesia dapat tumbuh pesat. 

"Inilah fungsi dari KTN ini. Dimana hasil KTN nanti akan fokus terhadap penerapan teknologi yang efektif, efisien dan tepat guna. Kongres ini jangan menjadi seremonial saja, tapi harus mampu hasilkan inovasi teknologi yang dapat diimplementasikan oleh bangsa", pungkasnya. (p/mk)