Mentan Amran Panen Raya di Poso Sambil Ajak Eks Teroris Bertani

By Admin


nusakini.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan panen raya di Desa Masamba, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Mentan Amran menyebut kegiatan ini sekaligus mengajak pendekatan kepada masyarakat eks teroris untuk bertani agar menjadi lebih sejahtera.

Mentan Amran tiba di lokasi sekitar pukul 10.00 WITA. Amran didampingi Bupati Poso Darmin Sigilipu dan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola. 

Saat melakukan panen, Mentan menaiki Alsintan atau Alat Mesin Pertanian yang didampingi kepala daerah. Amran mengemudikan sendiri Alsintan tersebut dan ditemani petani lokal. 

Darmin Sigilipu mengatakan, menurut data BPS produksi padi di kabupaten Poso pada tahun 2015 sekitar 123.000 gabah ton, meningkat 15% dibandingkan tahun 2014. 

Sementara itu, Amran menyebut kegiatan ini sekaligus mendekatkan kepada eks teroris untuk bertani supaya mendapatkan kesejahteraan. Di mana sebelumnya Poso dikenal sebagai daerah tempat persembunyian kelompok radikal Santoso. 

"Yang terpenting ada saudara-saudara kita yang eks teroris, ini yang menjadi penting ini pendekatannya harus kesejahteraan sehingga dengan Panglima, Pak Kasad, itu pak Gubernur, Bupati ajak mereka, kami siapkan alsintan untuk bertani," kata Amran, di lokasi, Sulawesi Tenggara, Selasa (13/12/2016). 

"Ajak mereka kalau mereka sejahtera insya Allah nggak macam-macam. Itu pendekatannya sejahtera. Kalau orang sejahtera biasanya pikirannya positif, ini kita ubah," imbuhnya. 

Nantinya akan ada tambahan Alsintan dan benih padi. Amran menyebut hal itu dilakukan untuk membangun Indonesia dari daerah pinggiran. 

"Ini kita lakukan di Poso tahun lalu itu minta Alsintan. Itu nanti kita tambah lagi atas inisiatif Pak Pangdam pak Kasad, dan itu perintah Presiden membangun dari pinggiran," imbuhnya. 

Panen ini dilakukan di luas areal siap panen 350 ha (varietas Ciherang 349 ha dan varietas Banyuasin 1 ha). 

Produktifitas rata-rata Ciherang 7,6 ton/ha/GKG dan Banyuasin demplot 8,1 ton/ha/GKG. Total areal tanam padi areal Kecamatan Poso Pesisir 1.234 ha. Lokasi ini mendapatkan sumber air dari irigasi Punakiri. (p/mk)