Nilai Bitcoin Jatuh di bawah $37.000

By Nad

nusakini.com - Internasional - Bitcoin dan mata uang kripto utama lainnya telah merasakan panas minggu ini karena ketegangan antara Rusia dan Ukraina meningkat dan investor menghindari aset berisiko.

Pada hari Selasa (22/2), bitcoin diperdagangkan pada $36.649 pada pukul 2:30 pagi ET, turun hampir 6,5% dalam 24 jam terakhir, menurut data dari CoinDesk. Cryptocurrency paling berharga di dunia turun di bawah $40.000 selama akhir pekan, dan terus merosot saat krisis Ukraina meningkat.

Mata uang tersebut telah kehilangan hampir setengah nilainya sejak tertinggi November di $68.990 karena ketegangan geopolitik, prospek kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve AS dan pembatasan oleh beberapa ekonomi utama pada aset digital.

Rekan-rekan Bitcoin juga bernasib buruk. Ethereum, mata uang kripto paling berharga kedua di dunia, turun lebih dari 8% dalam 24 jam terakhir dan diperdagangkan pada $2.520.

Para ahli mengatakan bahwa bitcoin mungkin tidak stabil dalam waktu dekat.

“Bitcoin adalah peserta yang tidak mau dalam volatilitas yang memukul semua aset berisiko dari ketegangan Rusia-Ukraina,” tulis Edward Moya, analis pasar senior di OANDA, dalam sebuah catatan minggu lalu. “Perjalanan rollercoaster Bitcoin tidak akan berakhir dalam waktu dekat,” katanya.

Investor di seluruh dunia telah terkesima minggu ini oleh krisis Ukraina yang semakin dalam. Presiden Rusia Vladimir Putin telah memerintahkan pasukan Rusia ke dua wilayah separatis pro-Moskow di Ukraina timur setelah mengakui mereka sebagai negara merdeka pada Senin (21/2).

Langkah untuk mengakui wilayah yang memisahkan diri tampaknya menjadi serangan pembuka dari potensi operasi militer yang lebih besar yang menargetkan Ukraina, hampir selusin pejabat AS dan barat mengatakan. (cnn/dd)