Nurdin Abdullah Dukung Pembukaan Masjid

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dijadwalkan akan melaksanakan Salat Jumat di Masjid Al Markaz Al Islami, Jumat (5/6) . Nurdin mengaku mendukung dibukanya kembali rumah ibadah khususnya masjid. Terlebih, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla telah mengeluarkan surat edaran agar masjid segera dibuka kembali pascaberakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

"Lagi-lagi saya katakan, masjid ini tempat kita berdoa. Sudah 12 kali kita tidak salat Jumat. Nah, dengan kondisi Makassar saat ini dan Sulsel secara umum, tinggal bagaimana kita betul-betul mematuhi protokol kesehatan. Harapan kita masjid dulu dibuka baru mal," ujar Nurdin Abdullah kepada awak media. 

Menurut Nurdin, para pengurus masjid harus ketat memberlakukan protokol kesehatan. Diantaranya, melarang jemaah yang tidak pakai masker untuk masuk ke areal masjid. Pengurus masjid juga wajib menyiapkan tempat cuci tangan, handsanitizer dan alat pengukur suhu tubuh serta jaga jarak. 

"Nah, juga kita imbau kepada seluruh masyarakat yang ada gangguan kesehatan seperti batuk, demam, pilek, beringus dan sebagainya, itu sebaiknya di rumah. Tidak usah ke masjid dulu," terangnya.

Lebih jauh Nurdin Abdullah berharap, para pengurus masjid dapat menata kembali masjidnya sesuai edaran Dewan Masjid Indonesia.(rah)