Pameran Alutsista Meriahkan HUT RI di Trans Studio Mall Makassar

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Mengambil bagian dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Trans Studio Mall Makassar bersama TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU), dan Angkatan Laut (AL) kembali menggelar pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) dan masih akan berlangsung hingga 21 Agustus 2022 mendatang.

 Alutsista ditempatkan di area outdoor Lobby Selatan serta tersebar di area Lower Ground Mezzanine (Transmart Level) dengan alat- alat yang dipamerkan merupakan alat yang digunakan khususnya dalam pertahanan seperti kendaraan tempur, alat komunikasi, beberapa persenjataan, alat deteksi dan proteksi, serta masih banyak lainnya.

Dalam kegiatan ini, Kodam XIV/ Hasanuddin mengikutsertakan anggota satuan tempur dari Yonif Raider 700/Wira Yudha Cakti dan Satbanpur yaitu Yonkav 10/Mendagiri, Yonarhanud 4/Arakata Akasa Yudha dan Yonzipur 8/ Sakti Mandra Guna serta Satbanmin serta satuan dari Divisi 3 Kostrad.

Dari Angkatan Udara mengikutsertakan personel Skadron Udara 5, Skadron Udara 11, Skadron Udara 33, Skadron Paskhas, serta Kosekhanudnas II. Tak ketinggalan dari Angkatan Laut mengikutsertakan pasukan Marinir dan Satuan Kapal Patroli (Satrol).

Dalam kegiatan ini juga tersedia booth vaksinasi dari Kodam XIV Hasanuddin, layanan konsultasi gigi gratis dari Klinik Gigi Angkatan Laut di tanggal 17 Agustus serta photo booth dengan nuansa militer bagi para pengunjung selama pameran berlangsung. 

Marcomm Manager Trans Studio Mall Makassar, Radi Agustian mengatakan pengunjung dapat menambah wawasan secara langsung mengenai fungsi alat-alat yang di pamerkan.

“Kegiatan ini tidak sekedar pameran saja, namun ada unsur edukasinya. Momen ini diharapkan bisa dimanfaatkan warga untuk mengenal lebih dekat alat tempur di dunia kemiliteran Indonesia serta menambah wawasan secara langsung mengenai fungsi alat-alat yang di pamerkan,” ungkap Radi Agustian selaku Marcomm Manager Trans Studio Mall Makassar. 

Pameran ini juga digelar untuk membina keakraban dan kedekatan TNI Angkatan Udara, Darat, dan Laut dengan masyarakat sekaligus memiliki kebanggaan terhadap upaya modernisasi Alutsista dalam rangka menjaga kedaulatan serta keutuhan NKRI.

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Aster Kasdam menuturkan bahwa pameran Alutsista ini merupakan wujud pertanggungjawaban kepada masyarakat dan diharapkan masyarakat semakin dekat dan merasa memiliki TNI.

“Segenap masyarakat diharapkan dapat hadir menyaksikan langsung dan memanfaatkan kegiatan ini untuk lebih mengenal lebih dekat Alutsista TNI dan semoga bermanfaat sekaligus menjadi sarana hiburan segenap masyarakat umum,” pungkasnya.(rilis)