PBB: China Lakukan Kejahatan Terhadap Kemanusiaan di Xinjiang

By Nad

nusakini.com - Internasional - PBB menuduh China melakukan "pelanggaran hak asasi manusia yang serius" dalam laporan yang telah lama ditunggu-tunggu mengenai tuduhan pelecehan dan penyiksaan di provinsi Xinjiang.

China telah mendesak PBB untuk tidak merilis laporan itu - dengan Beijing menyebutnya sebagai "lelucon" yang diatur oleh kekuatan Barat.

Laporan tersebut menilai klaim pelecehan terhadap Muslim Uyghur dan etnis minoritas lainnya, yang dibantah China.

Tetapi para penyelidik mengatakan mereka menemukan "bukti yang dapat dipercaya" dari penyiksaan yang mungkin sama dengan "kejahatan terhadap kemanusiaan".

Laporan tersebut dirilis pada hari terakhir Michelle Bachelet bekerja setelah empat tahun sebagai komisaris tinggi PBB untuk hak asasi manusia. Masa jabatannya didominasi oleh tuduhan pelecehan terhadap Uyghur.

Laporan timnya menuduh China menggunakan undang-undang keamanan nasional yang tidak jelas untuk menekan hak-hak minoritas dan membangun "sistem penahanan sewenang-wenang".

Dikatakan para tahanan telah menjadi sasaran "pola perlakuan buruk" yang termasuk "insiden kekerasan seksual dan berbasis gender".

Yang lain, kata mereka, menghadapi perawatan medis paksa dan "penegakan diskriminatif kebijakan keluarga berencana dan pengendalian kelahiran".

PBB merekomendasikan agar China segera mengambil langkah-langkah untuk membebaskan "semua individu yang dirampas kebebasannya secara sewenang-wenang" dan menyarankan bahwa beberapa tindakan Beijing dapat dianggap sebagai "komisi kejahatan internasional, termasuk kejahatan terhadap kemanusiaan".

Sementara PBB mengatakan tidak dapat memastikan berapa banyak orang yang telah ditahan oleh pemerintah, kelompok hak asasi manusia memperkirakan bahwa lebih dari satu juta orang telah ditahan di kamp-kamp di wilayah Xinjiang, di barat laut China.

Kongres Uyghur Dunia menyambut baik laporan itu dan mendesak tanggapan internasional yang cepat.

"Terlepas dari penolakan keras pemerintah China, PBB kini secara resmi mengakui bahwa kejahatan mengerikan sedang terjadi," kata Direktur Eksekutif Proyek Hak Asasi Manusia Uyghur Omer Kanat.

Ada sekitar 12 juta orang Uyghur, kebanyakan Muslim, tinggal di Xinjiang. PBB mengatakan anggota non-Muslim mungkin juga terpengaruh oleh isu-isu dalam laporan tersebut.

AS dan anggota parlemen di beberapa negara lain sebelumnya mengecam tindakan China di Xinjiang sebagai genosida, tetapi PBB berhenti membuat tuduhan.

Beijing - yang melihat laporan itu sebelumnya - menyangkal tuduhan pelecehan dan berpendapat bahwa kamp-kamp itu adalah alat untuk memerangi terorisme.

China selalu bersikeras bahwa militan Uyghur melakukan kampanye kekerasan untuk sebuah negara merdeka, tetapi dituduh membesar-besarkan ancaman untuk membenarkan penindasan terhadap Uyghur.

Delegasinya ke dewan hak asasi manusia PBB di Jenewa pada hari Kamis menolak temuan laporan tersebut, yang dikatakan "menodai dan memfitnah China" dan mencampuri urusan dalam negeri negara itu.

"Apa yang disebut 'penilaian' ini adalah dokumen politis yang mengabaikan fakta, dan sepenuhnya mengungkap niat AS, negara-negara Barat, dan pasukan anti-China untuk menggunakan hak asasi manusia sebagai alat politik," katanya dalam sebuah pernyataan panjang. (bbc/dd)