Pendaftaran Calon Tenaga Musim (Temus) Haji 2016

By Admin


nusakini.com - Staf Teknis Haji III Ahmad Jauhari melalui pesan singkat, Minggu (24/04/2016), membenarkan bahwa surat yang dikeluarkan Teknis Haji Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Jeddah, tentang terbukanya pendaftaran Calon Tenaga Musim (Temus) haji dalam rangka penyelenggaraan ibadah haji Indonesia di Arab Saudi 1437 H/2016 M..

Menurut Jauhari, ada 7 formasi yang dibuka dalam pendaftaran temus mukim, yaitu: petugas administrasi; 2. pengawas transportasi; 3. teknisi komputer; 4. teknisi listrik; 5. mekanik; 6. pengemudi; dan 7. pelayanan umum (petugas lapangan).

Adapun syarat lengkapnya terlampir pada gambar sebagai berikut :


           

Jauhari mengatakan, untuk transparansi, proses pendaftaran dilakukan secara online. Menurutnya, calon peserta bisa mendaftar tanpa harus datang ke Kantor Teknis Haji. Mekanisme ini diberlakukan untuk meminimalisir kontak langsung antara penitia dengan calon peserta temus.  

Selanjutnya Jauhari menjelaskan, Selain Temus Mukimin (orang Indonesia yang mukim di Arab Saudi), akan dibuka juga pendaftaran bagi Temus unsur mahasiswa. Pendaftaran temus mahasiswa diatur melalui mekanisme tersendiri.

"Pendaftarannya melalui kantor perwakilan 9 negara yaitu Mesir, Syria, Jordan, Sudan, Yaman, Maroko, Tunis, Libanon, dan Libya", tutup Jauhari.(if/mk)