Persebaya Gusur Persib Setelah Kalahkan PSM Makassar

By ommed


nusakini.com - Persebaya Surabaya melanjutkan tren kemenangan setelah mengalahkan PSM Makassar dengan skor 2-1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai dalam pertandingan pekan ke-19 Liga 1 2021/22, Jumat (14/1) malam WIB.

Hasil itu membuat Persebaya melalui 13 pertandingan tanpa kekalahan, tiga di antaranya berakhir imbang, sehingga naik ke peringkat tiga klasemen sementara usai mengoleksi nilai 39. Persebaya menggusur Persib Bandung yang mengumpulkan 37 poin. Sedangkan PSM berada di peringkat ke-11 dengan nilai 23.

Duel antara Persebaya dan PSM berlangsung sengit dan ketat sejak menit awal. Persebaya yang berusaha menjaga persaingan di papan atas mengambil inisiatif menyerang lebih dulu.

Hasilnya, blunder penjaga gawang Hilman Syah harus dibayar mahal ketika laga baru berjalan tiga menit. Samsul Arif berusaha mencuri bola yang dimainkan Hilman di kotak terlarang. Hilman pun terpaksa melanggar Samsul setelah kalah berduel yang membuat wasit menunjuk titik putih. Taisei Marukawa sukses menjalankan tugasnya sebagai algojo penalti.

PSM langsung bangkit untuk menyamakan kedudukan. Peluang diperoleh Juku Eja selang empat menit kemudian melalui set-piece. Bola hasil tendangan korner ditanduk Yakob Sayuri, tapi dapat ditepis kiper Andhika Ramadhani.

Selanjutnya, giliran Persebaya yang memberikan ancaman di menit ke-16. Bruno Moreira menusuk ke dalam kotak penalti yang diakhiri tendangan ke arah gawang, namun dapat diamankan kiper. Pada menit ke-22, giliran Marukawa memberikan ancaman. Sayangnya, sepakan Taisei yang berdiri bebas dari jarak dekat melayang.

Menjelang babak pertama berakhir, PSM mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan. Hanya saja, tendangan Ferdinand Sinaga dari jarak dekat melenceng di sisi kiri gawang, sehingga skor 1-0 tidak mengalami perubahan.

Pertarungan sengit antara Persebaya dan PSM tetap berlangsung sengit di babak kedua. PSM berusaha mengubah papan skor setelah mereka tertinggal satu gol. Sebaliknya, keunggulan satu gol belum cukup bagi persebaya.

Bajul Ijo akhirnya berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-55. Setelah Hilman di menti awal, kini giliran Hasim Kipuw melakukan kesalahan berakibat fatal. Marselino Ferdinan mencuri bola dari kaki Kipuw yang selanjutnya menyodorkannya ke Marukawa. Gelandang asal Jepang ini lalu mengembalikan bola ke Marselino yang selanjutnya menaklukkan Hilman.

Persebaya kemudian mmemaksa Hilman harus jatuh bangun untuk melakukan penyelamatan secara beruntun. Setelah memblok tendangan Marukawa di menit ke-61, Hilman menepis tendangan Marselino selang satu menit kemudian.

PSM akhirnya memperkecil ketertinggalan pada menit ke-84. Muhammad Rizky Pratama yang menusuk ke kotak penalti melepaskan tendangan, namun bola ditepis Andhika. Bola muntah kemudian disambar Wiljan Pluim, sehingga menjebol gawang Persebaya.

Pasukan Ramang mendapatkan dua kesempatan melalui Ferdinand Sinaga menjelang laga berakhir. Hanya saja, sepakan Ferdinand berhasil digagalkan Andhika, sehingga laga ditutup dengan skor 2-1. (gi/om)