Pertamina Bakal Tindak Tegas SPBU Nakal

By Admin


nusakini.com - PT Pertamina (Persero) mengaku siap menindak tegas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang terbukti melakukan kecurangan. Seperti kasus yang terjadi di SPBU 34-12305 di Rempoa, Ciputat.

"Yang Rempoa sudah masuk ke kepolisian, kita kerja sama lebih erat dengan kepolisian," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro, Jakarta, Senin (21/11/2016).

SPBU yang terletak di Jalan Pahlawan itu menggunakan alat canggih saat mencurangi takaran BBM. Sayangnya modus yang digunakan sulit dideteksi karena pengelola menggunakan remote control yang dapat mengatur takaran bensin.

Mengantisipasi modus tersebut, Pertamina menggandeng lembaga independen. Auditor dari lembaga independen akan menyamar sebagai konsumen biasa ke SPBU-SPBU Pertamina.

"Kita kerja sama dengan lembaga independen, auditor mereka jadi mystery guest yang datang ke SPBU. Pada saat auditor datang memeriksa, baik itu operator atau pekerja SPBU tidak mengenali orang itu sebagai auditor," tambahnya.

Wianda menyebut perseroan tidak akan segan untuk memutus hubungan dagang dengan SPBU yang terbukti curang.

"Kita serius menindaklanjuti keluhan konsumen. Kita lakukan pemutusan hubungan usaha, kita tidak main-main dengan yang sifatnya kriminalitas. Kita cek terus, jangan sampai hak konsumen dikorbankan," tukasnya. (p/mk)