Pesawat Batik Air Penerbangan ID-6309 Saat Bergerak Pelan di Ujung Landas Pacu Juanda Tiba-Tiba Terhenti karena Permukaan Aspal Mengalami Penurunan

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Sidoarjo--Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group memberikan penjelasan operasional nomor ID-6309 pada Minggu (22/ 05) dari Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB) tujuan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Benten telah dijalankan menurut standar operasional prosedur (SOP).

Batik Air penerbangan ID-6309 telah dipersiapkan secara tepat. Sebelum keberangkatan, pesawat Airbus 320-200 registrasi PK-LUJ dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal (pre flight check).

Batik Air penerbangan ID-6309 dijadwalkan lepas landas pukul 09.10 WIB dengan membawa 6 (enam) kru dan 151 tamu (penumpang). 

Disaat pesawat bergerak pelan memasuki landas pacu (runway), pilot merasakan pergerakan pada roda pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya (pesawat terhenti atau stuck), sehingga perlu dilakukan pengecekan.

Hasil pengecekan, diketahui bahwa roda/ ban pesawat memasuki area aspal pada ujung landas pacu Juanda yang mengalami penurunan dari permukaan (agak amblas), sehingga pesawat perlu direposisi menggunakan kendaraan penarik (tow truck) untuk mempermudah keluar dari area landas pacu yang agak amblas.

Dalam upaya memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, pesawat ditarik kembali menuju landas parkir (apron).

Hasil pemeriksaan teknisi dan pilot pada pesawat, bahwa pesawat dimaksud dalam kondisi baik, layak terbang dan aman (tidak mengalami kerusakan).

Setelah pesawat parkir dengan sempurna pada tempatnya, seluruh penumpang diarahkan ke ruang tunggu.

Batik Air telah menginformasikan dampak yang timbul kepada seluruh penumpang.

Batik Air mempersiapkan kembali penerbangan ID-6309 masih di hari yang sama (22/ 05). Pesawat berangkat pukul 12.58 WIB dan dijadwalkan mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pukul 14.13 WIB.(rilis)