PLN Bangun Gardu Induk Tegangan Tinggi Pertama di Cikarang

By Admin


nusakini.com - Bekasi - PT PLN (Persero) akan membangun 3 buah gardu induk di Kota Deltamas, Cikarang, Bekasi. Ketiga gardu tersebut terdiri dari satu Gardu Tegangan Ekstra Tinggi (GITEK) 500 kV dan dua Gardu (GI) 150 Kv.

Menurut Direktur Bisnis Regional Bagian Barat Murtaqi Syamsuddin, pembangunan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV yang akan dibangun di Cibatu Baru, Kota Deltamas merupakan proyek pertama yang akan dibangun di kawasan industri. Sebelumnya, PLN hanya pernah membangun Gardu Induk (GI) 150 kV di kawasan industri.

"Ini kerja sama untuk GITET 500 kV itu yang pertama untuk kawasan industri," ujarnya saat penandatangan perjanjian pakai lahan di Kota Deltamas, Cikarang, Jumat (8/4/2016). 

Ditambahkan oleh Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah, Nasir Sebayang bahwa Kota Deltamas dianggap sebagai lokasi yang paling strategis untuk menyalurkan daya listrik ke wilayah Jawa dan Bali. 

"Lokasi ini merupakan sangat strategis akan meneruskan daya-daya yang ada ke seluruh sistem Jawa-Bali. Ini merupakan gardu induk yang pertama dibangun dalam sistem ini," tutur Nasri. 

Dalam proyek pembangunan gardu induk ini, PLN tidak mengeluarkan biaya sewa lahan seperti pada umumnya. 

"Nggak ada sewa lahan, kan perjanjian pinjam pakai jadi nggak ada biaya," pungkas Nasri. (mk)