Qatar Bakal Terapkan Wajib Vaksin Bagi Peserta Piala Dunia 2022

By ommed


nusakini.com - Tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar berusaha untuk memberlakukan aturan wajib vaksin bagi para pemain yang bakal ambil bagian dalam turnamen yang digelar pada Desember tahun depan.

Menurut The Athletic, FIFA dan otoritas medis Qatar sedang dalam pembicaraan mengenai rancangan yang memastikan agar setiap pemain yang bakal memasuki negara Timur Tengah itu telah mendapatkan dua dosis vaksin.

Aturan ini juga menyasar ke kalangan fans, dengan pemerintah Qatar mengumumkan bahwa mereka hanya akan mengizinkan para suporter yang telah divaksinasi penuh untuk memasuki wilayah mereka.


Masalahnya, belum ada banyak data yang mencatat seberapa tinggi tingkat vaksinasi untuk kalangan pesepakbola elite. Di Liga Primer Inggris misalnya, hanya tiga klub sejauh ini yang memberikan bocoran tentang hal tersebut.

Wolverhampton Wanderers mengklaim bahwa 100 persen dari skuad tim utama mereka telah mendapat dua dosis vaksin, sementara di Liga Primer sendiri tingkat vaksinasi masih jauh di bawah angka rata-rata negara Inggris secara keseluruhan.


Manchester United, misalnya, memiliki sejumlah pemain yang belum yakin akan menjalani vaksinasi, menurut manajer Ole Gunnar Solskjaer.

FIFA telah menanggapi keinginan Qatar dengan memperkuat komitmennya terhadap kesehatan dan keselamatan publik.

"Mengingat pandemi COVID-19, Qatar, sebagai negara tuan rumah, akan memberikan perlindungan yang diperlukan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan semua yang terlibat dalam kompetisi tersebut," kata juru bicara FIFA kepada The Athletic. (gi/om)