Raih Penghargaan APE 2020, Kementan Harap Peran Petani Perempuan Lebih Besar

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Kementerian Pertanian melalui beragam program startegis yang dicanangkan berupaya agar pembangunan pertanian yang digulirkan dapat dilakukan dan dirasakan semua lapisan masyarakat terutama para perempuan.

Oleh karena itu, Kementan mengimplementasikan strategi pengaursutamaan gender (PUG) dimulai dari penyusunan perencanaan, penganggran, monitoring, evaluasi dan Audit.  

Hal ini diperlihatkan ketika dalam proses penyusunan progam dan kegiatan semua direktorat teknis telah memasukan PUG sebagai strategi dengan memperhatikan keadilan dan kesetaraan baik laki-laki dan perempuan.

Atas dasar itu, Kementan mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Penghargaan ini merupakan bentuk bukti dari komitmen dalam mengimplementasikan PUG di Kementan dalam mengoptimalkan pembangunan pertanian.

Menteri Pertanin Syahrul Yasin Limpo menyampaikan ucapan terimakasih kepada Menteri PPPA atas kerjasama yang telah terjalin baik dalam rangka pelaksanaan strategi PUG di lingkungan Kementan.

"Harapan kedepannya petani-petani perempuan akan semakin maju, berdayasaing dan dapat bersinergi dalam melaksanakan pembangunan pertanian," kata Mentan.

Menanggapi hal itu, Ketum Perempuan Tani HKTI, Dian Novita mengapresiasi atas capaian tersebut. Ia mengatakan capaian Kementan terutama dalam mencetak petani muda baru yang didalamnya ada juga para perempuan merupakan komitmen Kementan untuk melibatkan perempuan dalam pembangunan pertanian.

 "Jangan lupa, diantara petani-petani muda baru itu ada juga perempuannya. Ini suatu terobosan dari Kementan yang sangat baik. Kita ketahui perempuan adalah pembawa peradaban. Ini bukti keseriusan dan komitmen Pak menteri dalam mendukung mewujudkan pertanian yang modern dan presisi namun tidak melupakan peran-peran perempuan Indonesia," kata Dian usai bertemu dengan Mentan kantor Pusat Kementan, Rabu, 13 Oktober 2021.

Acara penyerahan penghargaan APE 2020 dilakukan pada hari Rabu, 13 Oktober 2021 secara daring. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri PPPA Republk Indonesia No 66 Tahun 2021 tentang Penerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2020, Kementan untuk ke-tiga kalinya mendapatkan Anugerah Pengahrgaan level tertinggi yaitu level Mentor sejak tahun 2016, 2018 dan 2020. (pr/kmt)