Rakornas TPID Diharapkan Perkuat Sinergi Pusat dan Daerah

By Admin

nusakini.com--Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo dalam sambutannya pada event Rakornas Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) menyampaikan, kegiatan ini diharapkan bisa memperkuat sinergi kebijakan antara pusat dan daerah dalam mengendalikan inflasi di Indonesia. 

Menurutnya dengan semakin besar alokasi dana yang dikelola pemerintah pusat dan daerah, maka sinergi perlu diperkuat untuk mendukung hasil optimal.  

"Dengan komitmen pemerintah daerah (pemda) yang tinggi dalam mengendalikan harga perlu dijaga bahkan ditingkatkan," kata Agus dalam sambutannya sebelum Rakornas dibuka oleh Presiden Joko Widodo, Jakarta, Kamis (4/8/).  

Dia menambahkan capaian inflasi Ramadhan dan Lebaran kemarin pada bulan Juni-Juli terbilang cukup terkendali bahkan yang paling rendah selama kurun waktu 5 tahun terakhir untuk event Hari Raya.  

"Terlebih lagi, sekarang ini telah bergabungnya 263 kepala daerah baru baik gubernur, bupati dan walikota hasil pilkada serentak 2016 yang pastinya bisa sama-sama saling bersinergi mengendalikan inflasi," tandasnya 

Rakornas TPID ini sendiri akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo yang didampingi oleh para menteri kabinet kerja. 

Mereka yang hadir yakni, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Perekonomian Darmin Nasution, dan para kepala daerah serta gubernur dari 34 provinsi.(p/ab)