Rapid Test Atlet Di KONI Sulsel Berakhir, Hanya 1 Temuan Reaktif.

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Hari kedua selasa (27/10/20) yang juga hari terakhir jadwal pemeriksaan tes cepat bagi para atlet yang digelar dikantor KONI Sulsel telah ditutup pkl.14.00 wita. 

Puluhan atlet, asisten pelatih, pelatih dan mekanik sudah mengantri sejak pukul 9 pagi dengan menjaga jarak dan pakai masker. Sebelum pengambilan sampel darah diwajibkan mereka mencuci tangan terlebih dahulu. 

Hari ini 12 cabang olah raga yang dijadwalkan menjalani rapid test secara bergiliran. Sementara Senin kemarin sekitar 17 cabang olah raga juga mengikuti proses pemeriksaan cepat yang sama.

Sejumlah cabang olah raga tidak sempat berpartisipasi dalam rapid test yang digelar Koni Prov.Sulsel ini, disebabkan sebagian besar atletnya sedang melaksanakan pelatnas yang dilaksanakan diluar Sulawesi Selatan. 

Ketua KONI Sulsel, Ellong Tjandra, SE mengungkapkan bahwa banyak atlet dan offisialnya yang tidak hadir, namun melapor ke koni sudah melaksanakan rapid tes beberapa hari lalu.  "Sebagian lagi, terutama yang berada diluar sulsel  jika ke Makassar harus melakukan rapid test yang sama dilaksanakan oleh KONI," kata Ellong.

Olehnya itu, Ellong mengaku menghargai hasil rapid test diluar kantor KONI dan menerima hasil rapid tersebut.

Dari catatan KONI Sulsel sendiri, dari 192 atlet dan 52 unsur pelatih dan mekanik yang disasar dalam test cepat selama 2 hari ini, terdata hanya 154 atlet dan pelatih yang berpartisipasi. 30 pengurus dan pegawai koni juga ikut serta rapid test. Dari seratusan yang rapid test teracak hanya 1 pelatih dari cabang olah raga bulutangkis dinyatakan reaktif rapid. Yang reaktif ini disarankan untuk melakukan swab secara mandiri.  

"Karena masih ada beberapa yang belum melaksanakan rapid test, KONI Sulsel tetap membuka pintu bila ada atlet maupun offisialnya yang membutuhkan rapid test. Tidak menutup kemungkinan Koni akan menjadwalkan ulang rapid test kedepan" ungkap Ellong Tjandra saat bercengkerama dengan 10 tim medis yang disiapkan oleh Pemprov Sulsel. (r/ab)