Ratusan Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ikuti Bela Negara di Lantamal VI

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar---Ratusan Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Athirah Bukit Baruga mengikuti Pendidikan Wawasan dan bela negara di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI Makassar, Jumat (11/11/2022).

Kegiatan itu dalam rangka bela negara yang diikuti sebanyak 121 siswa Kelas XI SMA Islam Athirah Bukit Baruga. Bela Negara adalah konsep sikap, tekad, perilaku warga negara yang menunjukkan kecintaannya kepada sebuah negara mulai anak-anak sampai orang tua. 

Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga H M Ridwan Karim mengatakan kegiatan pendidikan wawasan kebangsaan merupakan kegiatan pembelajaran sama seperti didalam kelas. 

"Pembelajaran pendidikan wawasan kebangsaan Berlangsung dua hari, hari ini dan besok. Jadi anada pembelajaran ini sama dengan belajar dikelas. Namun kegiatan ini dilakukan diluar kelas,"ujarnya. 

Lebih lanjut dia berharap kegiatan bisa memberikanpemahaman yang baik tentang wawasan kebangsaan. 

"berharap dari kegiatan wawasan kebangsaan setiap ananda bisa memiliki kemampuan dasar tentang bela negara. Negara kita yang telah merdeka perlu secara sama sama dijaga dan bela negara adalah kewajiban dan hak kita semua, "jelasnya.

Terpisah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, H Sabaruddin mengatakan kegiatan pendidikan wawasan kebangsaan merupakan kegiatan untuk menumbuhkan semangat cinta tanah air.

"Dengan banyak pengaruh luar termasuk dari dunia dunia barat membuat rasa cinta tanah air itu terkikis sehingga melalui kegiatan pendidikan wawasan kebangsaan diharapkan karakter siswa itu terbentuk untuk senantiasa peduli dengan bangsanya sendiri," ujarnya. 

Lebih lanjut, dia menjelaskan tiap tahun SMA Islam Athirah Bukit Baruga melaksanakan kegiatan pendidikan wawasan kebangsaan. Tahun ini, digelar di angkatan laut. 

"Hasil dari pendidikan wawasan kebangsaan di angkatan laut agar dapat bisa diaplikasikan dan juga bisa disebarkan terkait nilai karakter yang didapatkan terutama kedisiplinan dan tanggung jawab,"tutupnya. 

Diketahui, kegiatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan itu dilepas secara resmi oleh Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga H M Ridwan Karim.

Selama pendidikan, siswa diberikan pelatihan wawasan kebangsaan berupa teori dan praktik dari Tim lantamal VI Makassar.Terlihat pula antusias yang sangat tinggi di raut wajah siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga.(rilis)