Sebelum Latihan, Persib Adakan Swab Test

By Abdi Satria


nusakini.com-Bandung-Sebelum menggelar sesi latihan bersama, Persib menggelar swab test kepada seluruh anggota timnya. Tes usap dilakukan oleh petugas medis dari Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Jawa Barat di Graha PERSIB, Jalan Sulanjana No. 17 Bandung, Jumat 3 Juli 2020 petang.

Swab test merupakan bagian dari protokol kesehatan untuk memastikan seluruh anggota tim Persib bebas dari Covid-19.  

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil turut memantau swab test didampingi komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Zaenuri Hasyim. 

“Syukur alhamdulillah pada hari ini kita dikasih support penuh dari Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Jawa Barat dan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19. Ini dilakukan sebelum memulai latihan menjelang liga bergulir lagi,” ujar dokter tim, M. Rafi Ghani. 

Selain pemain, swab test diikuti pelatih dan ofisial tim. Menurut Rafi, semua yang akan berkegiatan bersama di latihan harus sudah dinyatakan negatif Covid-19, termasuk media ofisial tim.  

“Alhamdulillahi semua yang terlibat adalah pemain, ofisial, pelatih, serta teman-teman dari media ofisial. Jadi yang semua terlibat bersama-sama dalam kegiatan latihan dilakukan pemeriksaan. Total yang diperiksa untuk hari ini 46 orang,” jelasnya.  

Rafi menambahkan, untuk pelatih dan pemain yang belum bisa menjalani pemeriksaan hari ini bakal menjalani pemeriksaan di tahap kedua. Seperti misalnya Fabiano Beltrame, Wander Luiz dan Omid Nazari yang akan terbang dari negara asal ke Indonesia dalam waktu dekat ini.  

“Akan kita lakukan dua tahap karena belum semua pemain atau ofisial yang bisa berkumpul pada hari ini. Tapi kita pastikan untuk berlatih bersama semua sudah melakukan pemeriksaan atau swab test,” tandas Rafi.(p/ab)