Semua Daerah Terpencil Indonesia Akan Nikmati Jaringan Telekomunikasi 2019

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Dalam Rapat Kerja bersama Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat RI, di Jakarta, Senin (18/04/2016), Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjelaskan, Pemerintah menargetkan 1 Januari 2019 semua ibukota kabupaten dan kota seluruh Indonesia sejumlah kurang lebih 514 wilayah sudah terhubung dengan infrastruktur serat optik (fiber optic).

"Pemerintah akan berkoordinasi dengan para operator telekomunikasi, terutama Telkom untuk membangun infrastruktur broadband ini,” jelas Rudi

Menurut Rudi operator telekomunikasi terutama Telkom telah menyampaikan data tambahan ibukota kabupaten dan kota yang belum terhubung dengan infrastruktur telekomunikasi. Wilayah tersebut merupakan wilayah yang tidak memiliki nilai ekonomis bagi operator, namun menjadi kewajiban negara. Oleh karena itu pemerintah menetapkan akan membangun infrastruktur telekomunikasi didaerah yang tidak memiliki akses jaringan dari operator dengan menggunakan proyek Palapa Ring,” tambahnya.

Lebih lanjut Menkominfo menjelaskan Paket Barat dan Paket Tengah Palapa Ring yang sudah ditandatangani. Paket Barat Palapa Ring yang mencakup Provinsi Riau dan Kepulauan Riau. Sementara Paket Tengah Palapa Ring mencakup Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara

“Sudah selesai ditandatangani kontraknya dengan nilai total Paket Barat sebesar Rp3,48 Triliun dan Paket Tengah sebesar Rp3,51 Triliun. Begitu juga dengan Paket Timur Palapa Ring yang mencakup Provinsi NTT dan Maluku dengan total nilai Rp12,04 Triliun,” papar Rudi.

Pembangunan infrastruktur Palapa Ring saat ini masih terhalang kendala teknis. "Pada saat itu semua bingung terutama di daerah Papua bagian tengah ini kita menggunakan apa jika akan membangun fiber optik? Siapa yang akan membangun dan membangunnya bagaimana? Dan saat itu pula ditetapkan menggunakan teknologi netral apakah menggunakan satelit atau lainnnya," ujar Rudiantara.

Namun demikian, Menkominfo menegaskan bahwa Kementerian Kominfo akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum. Menteri Rudiantara juga menyatakan pembangunan fiber optik di wilayah Papua yang akan terintegrasi dengan pembangunan jalan ke seluruh wilayah Papua. “Dimana diperkirakan rampung pada tahun 2018 mendatang,” tegasnya. (if/mk)