Seorang Pria Tewas setelah Berusaha Menyebrangi Selat ke Inggris

By Nad

nusakini.com - Internasional - Seorang pria telah meninggal saat mencoba menyeberangi Selat ke Inggris.

Pihak berwenang Prancis mengatakan pria itu ditemukan tidak sadarkan diri dan ditarik dari air setelah keluar dari kapal.

Sebanyak 32 orang diselamatkan dari Berck, dekat Calais, dengan hipotermia. Mereka termasuk lima orang yang ditemukan terdampar di gundukan pasir.

Investigasi telah dibuka oleh jaksa Boulogne-sur-Mer.

Jaksa mengatakan pria yang meninggal itu berusia 20-an dan diyakini berasal dari Sudan.

Upaya terakhir penyeberangan berbahaya dilakukan meskipun suhu di bawah nol di pantai Prancis, dengan setidaknya satu kapal dilaporkan telah mencapai Inggris.

Video yang mengaku difilmkan dari Dover pada hari Jumat (14/1) menunjukkan perahu Pasukan Perbatasan membawa setidaknya 25 orang dengan jaket pelampung ke pantai. Mereka termasuk wanita dan anak-anak dan seorang pria pincang.

Beberapa kapal Pasukan Perbatasan telah aktif di Terusan.

Kematian itu terjadi setelah sedikitnya 271 orang di dalam 10 perahu kecil mencapai Inggris pada Kamis (13/1), termasuk seorang anak kecil. Sejauh tahun ini, lebih dari 450 orang telah melakukan perjalanan yang mengancam jiwa dengan perahu kecil setelah tahun yang memecahkan rekor pada tahun 2021.

Mike Adamson, kepala eksekutif di Palang Merah Inggris, mengatakan: “Sangat menyedihkan mendengar bahwa orang lain telah kehilangan nyawa mereka ketika mencoba menyeberangi Selat. Pikiran kita bersama mereka dan orang yang mereka cintai, yang mungkin bahkan belum tahu apa yang telah terjadi. Kerugian ini datang terlalu cepat setelah kematian 27 orang pada akhir tahun lalu.

“Setiap kematian di Selat adalah tragedi. Seharusnya tidak dapat diterima bagi kami bahwa orang-orang harus melakukan penyeberangan berbahaya dalam kondisi beku untuk mencari keselamatan. Tidak ada yang mempertaruhkan hidup mereka seperti ini kecuali mereka merasa tidak punya pilihan lain dan benar-benar putus asa.

“Tidak ada jawaban sederhana, tetapi kami mendesak pemerintah untuk memikirkan kembali rencananya untuk membuat sistem suaka Inggris lebih sulit diakses. Ini harus dimulai dengan rencana ambisius untuk rute baru yang aman dan komitmen untuk memukimkan kembali 10.000 orang per tahun.”

Seorang juru bicara Channel Rescue mengatakan: “Hati kami tertuju pada orang yang mereka cintai. Tragedi ini sebenarnya bisa dicegah dengan menyediakan jalur aman. Kebijakan tidak manusiawi dari pemerintah Inggris dan Uni Eropa harus diakhiri. Kami berharap mereka yang hilang di laut segera diselamatkan dan tidak ada lagi korban jiwa hari ini.” (TheGuardian/dd)