Sikat Madura United, Bhayangkara FC Tempel Arema FC

By ommed


nusakini.com - Bhayangkara FC kembali ke jalur kemenangan setelah dalam pertandingan pekan ke-19 Liga 1 2021/22 di Stadion Dipta Gianyar, Jumat (14/1) malam WIB, menaklukkan Madura United dengan skor 3-2.

Tambahan tiga angka ini membuat Bhayangkara FC naik ke peringkat dua klasemen sementara usai mengoleksi nilai 40 sekaligus menggeser Persib Bandung dengan keunggulan tiga angka. Bhayangkara FC memiliki poin yang sama dengan Arema FC, namun kalah head-to-head.

Sedangkan kegagalan mendulang kemenangan dalam tiga pertandingan secara beruntun membuat Madura United terpaku di peringkat ke-13 dengan koleksi nilai 21.

Madura United dan Bhayangkara FC mengawali pertandingan dengan permainan terbuka bertempo sedang. Kedua tim silih berganti melakukan serangan demi mendapatkan gol terlebih dulu.

Ancaman sudah diberikan Bhayangkara FC ketika laga berjalan delapan menit. Andik Vermansah melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti yang diakhiri dengan tendangan keras, namun kiper Muhammad Ridwan dapat menepis bola.

Kendati demikian, Bhayangkara FC akhirnya berhasil membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-14. Umpan panjang Andik diterima Melvin Platje, dan mantan pemain Bali United ini melepaskan tendangan parabola ke arah gawang tanpa bisa dijangkau Ridho.

Madura United memberikan respons setelah tertinggal satu gol. Kans diperoleh melalui set-piece pada menit ke-26. Namun tendangan bebas eks Bhayangkara FC, Renan Silva, berhasil ditepis Awan Setho Raharjo.

Tuan rumah kembali mendapatkan peluang selang tujuh menit kemudian. Haris Tuharea yang berdiri bebas melepaskan tendangan dari jarak dekat, tapi dapat diblok penjaga gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan Bhayangkara FC bertahan hingga babak pertama berakhir.

Madura United yang tertinggal satu gol bermain lebih agresif di babak kedua. Namun mereka mendapat perlawanan sengit dari Bhayangkara FC yang tetap memperlihatkan permainan terbuka.

Tetapi serangan balik yang dilakukan Bhayangkara FC membuat Madura United tertinggal dua gol di menit ke-53. Menerima umpan Ezchiel N'Douassel, Andik menggiring bola hingga mendekati kotak penalti, dan selanjutnya memberikan umpan kepada Platje yang berdiri bebas, sehingga tanpa kesulitan menjebol gawang Madura United.

Asa Madura United menyamakan kedudukan sempat muncul setelah Hugo Gomes Dos Santos 'Jaja' mencetak gol lewat titik putih di menit ke-61. Hadiah penalti diberikan wasit, karena menganggap Ruben Sanadi melakukan pelanggaran heng.

Kendati demikian, Bhayangkara FC justru berhasil memperlebar keunggulan melalui Adam Alis pada menit ke-75. Jaja hanya bisa memperkecil kekalahan Madura United menjadi 3-2 lewat gol yang dilesakkannya satu menit menjelang laga usai. (gi/om)