Silaturahmi ke Medan, Nova Iriansyah dan Edy Rahmayadi Perkuat Hubungan Sumut-Aceh

By Abdi Satria


nusakini.com-Medan-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Gubernur Aceh Nova Iriansyah berdiskusi untuk memperkuat hubungan kedua provinsi ini. Letak geografis Sumut dan Aceh yang berdekatan menjadi potensi agar kedua daerah ini melangkah bersama untuk lebih maju.

Hal ini diungkapkan Gubernur Edy Rahmayadi usai menerima kunjungan silaturahmi Gubernur Aceh di Lantai 10, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, Nomor 30, Medan. “Silaturahmi ini setiap saat kita lakukan, memanfaatkan kedekatan Aceh dan Sumut di semua bidang,” kata Edy Rahmayadi usai pertemuan, Selasa (11/1).

Salah satu bidang yang dibahas pada pertemuan kali ini yaitu terkait perekonomian. Edy berharap Sumut dan Aceh bisa memperkuat kerja sama ekonominya untuk mempercepat perkembangan kedua daerah.

“Kita bahas semua bidang yang tujuannya untuk memajukan kedua provinsi ini, termasuk sosial budaya karena kita punya kedekatan baik secara geografis maupun budaya,” kata Edy.

Gubernur Aceh Nova Iriansyah berharap Edy Rahmayadi mau membina masyarakat Aceh yang berada di Sumut. Dia juga berharap masyarakat Sumut dan Aceh bisa rukun dan berdampingan dalam kehidupan sehari-hari.

“Masyarakat Aceh banyak di Sumut, itu salah satu yang kita bahas di sini. Saya harap pak Edy mau membina masyarakat kita yang ada di sini,” kata Nova Iriansyah.

Selain membahas aspek ekonomi dan sosial-budaya, Edy Rahmayadi dan Nova Iriansyah juga membahas persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut. Keduanya berharap PON 2024 Aceh-Sumut berjalan dengan baik.

Keduanya tidak membahas kesiapan PON 2024, namun lebih umum termasuk tentang kesiapan venue olahraga yang kemungkinan akan menjadi tempat digelarnya pertandingan. “Kita tidak spesifik membahas PON, kalau PON sudah mengalir, KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) sudah mempersiapkan itu. Kita doakan berjalan dengan lancar,” terang Nova Iriansyah.

Selanjutnya Edy Rahmayadi dan Nova Iriansyah meninjau langsung pembangunan Masjid Agung Medan, Jalan Diponegoro. Dijadwalkan juga Edy Rahmayadi dan Nova Iriansyah akan meninjau venue pertandingan olahraga PON 2024, salah satunya GOR PBSI Sumut Jalan Williem Iskandar, Medan. (rls)