STKIP Muhammadiyah Barru Jalin Kerjasama Dengan Universitas Muhammadiyah Sinjai

By Abdi Satria


nusakini.com-Sinjai-Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Barru kian intensif menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi. Terbaru, kampus yang sedang berproses menuju universitas ini menjalin kerjasama dengan Universitas Sinjai. Penandatangan kerjasama ini dilakukan di Kabupaten Sinjai, Jumat (18/9/2020). 

Menurut Ketua STKIP Muhammadiyah Barru, Dr. A. Fiptar Abdi Alam, SE, M.Si, kerjasama yang disepakati adalah bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan Al-islam Kemuhammadiyahan. "Kami terus melakukan inovasi dan kegiatan yang bermuara pada peningkatan kualitas dosen dan mahasiswa. Sebelumnya, STKIP Muhammadiyah Barru sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi dalam dan luar negeri," ujar Andi Fiftar.

Pada hari yang sama, sejumlah dosen kedua perguruan tinggi mengikuti bimbingan teknis yang menghadirkan Prof. Dr. Ahmad Nurmandi, M.Sc, Guru Besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai nara sumber. Dalam pemaparannya, Prof Ahmad Nurmandi menjelaskan sejumlah program yang bertujuan membuat sebuah institusi bisa mempersiapkan secara mandiri berbagai hal yang diperlukan dalam pengembangan menuju universitas. Diantaranya terkait dengan statuta, rencana induk penelitian, rencana strategis dan sistem penjaminan mutu internal.

Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, para dosen bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatkan untuk mengembangkan mutu dan kualitas kampus masing-masing. Khususnya STKIP Muhammadiyah Barru yang tengah berproses menuju universitas. (r/ab)