Susul Mandalika, Batam Rencanakan Bangun Sirkuit MotoGP

By ommed


nusakini.com - Susul Mandalika, Batam juga merencanakan membangun sirkuit untuk ajang motorsport bergengsi salah satunya ialah kejuaraan MotoGP.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), di akun Instagram pribadinya.


Dalam unggahan tersebut, Ketua MPR RI dan IMI yang biasa disapa Bamsoet itu telah bertemu dengan bersama Walikota Batam Muhammad Rudi dan Badan Pembina IMI Pusat Tinton Soeprapto.

Bamsoet juga menyebutkan turut hadir para pengurus IMI pusat seperti Badan Penasihat Robert Kardinal, Hubungan Antar Lembaga Elvis Junaidi, Komisi Medis dr. Rheza Maulana.


Kemudian ada Ketua IMI DKI Jakarta yang juga Project Officer pembangunan Sirkuit Internasional Batam Anondo Eko, dan Kepala Pusat Perencanaan Program Strategis Badan Pengusahaan Batam Fesly Abadi Paranoan.

Pertemuan itu diketahui sebagai pembahasan lanjutan untuk mematangkan proses pembuatan sirkuit internasional Batam, yang rencananya akan digunakan untuk berbagai ajang motorsport bergengsi seperti Formula 1, MotoGP, offroad, rally hingga motocross.


Tak hanya itu, rencana pembangunan sirkuit di Batam juga bertujuan untuk menjadi destinasi sport automotive tourism yang mampu menggairahkan olahraga otomotif sekaligus meningkatkan roda perekonomian pendapatan asli daerah Batam.

Lebih lanjut Bamsoet juga sedikit memaparkan sirkuit balap yang rencananya bakal di bangun di Batam, termasuk terkait lokasinya yang terbilang strategis.


"Luas rencana sirkuit mencapai 154 hektar, berada di lokasi yang sangat strategis di Kecamatan Nongsa. Hanya memerlukan waktu sekitar 18 menit dari Bandara Hang Nadim, 30 menit dari pelabuhan Ferry Batam Centre, 40 menit dari Nagoya Pusat belanja, 45 menit dari Harbour Bay Batam,” kata Bamsoet.


Ia menambahkan bahwa sirkuit di Batam juga bisa menjadi destinasi sport tourism unggulan, yang bisa mendukung perkembangan wilayah tersebut.

“Lokasi Batam yang berada dekat dengan Singapura dan Malaysia, menjadikan industri pariwisata di sana sangat kompetitif.


“Kehadiran sirkuit balap bertaraf internasional akan menjadi daya tarik tersendiri, sebagai destinasi sport tourism unggulan dalam mendukung pengembangan Batam menjadi salah satu kota wisata terbaik di Indonesia," paparnya. (is/om)