Transjakarta Lengkapi Masker dan Wastafel Portabel Khusus Disabilitas

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas), PT Transjakarta memberikan sejumlah layanan bagi penyandang disabilitas. 

Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transjakarta, Achmad Izzul Waro mengatakan, dalam rangka Harhubnas, pihaknya menyiapkan 1.000 masker untuk pelanggan disabilitas, di mana masker tersebut didesain khusus dengan tampilan depan transparan agar memudahkan dalam berkomunikasi. Pembagian masker ini rencananya akan dilakukan di seluruh halte-halte disabilitas.

Selain itu, PT Transjakarta juga menyediakan wastafel portabel di 100 halte yang difokuskan pada halte-halte disabilitas milik Transjakarta. 

"Sama dengan masker, wastafel portabel ini juga dirancang khusus sehingga ramah digunakan oleh pelanggan disabilitas," ujar Achmad Izzul, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/9). 

Dikatakan Achmad Izzul, seluruh pijakan wastafel dibuat lebih rendah sehingga memudahkan pengguna kursi roda ketika menggunakan wastafel portabel tersebut. Untuk tahap awal, wastafel portabel ini sudah tersedia di empat halte Transjakarta yakni, Halte Sunan Giri, Halte Wali Kota Jakarta Timur, Halte Pasar Kramat Jati, dan Halte Rumah Sakit Islam. 

Selain memberikan masker dan menyediakan wastafel portabel, PT Transjakarta juga akan melengkapi segala bentuk informasi terutama informasi Passengger Information System (PIS) yang akan dilengkapi bahasa isyarat. Setidaknya akan terpasang di 247 PIS yang akan dilengkapi bahasa isyarat. 

"Tentu harapannya agar bisa memudahkan pelanggan terutama pelanggan disabilitas ketika menggunakan layanan Transjakarta terutama di saat pandemi seperti saat ini dan tetap terinformasi info-info terbaru dari Transjakarta," tandasnya.(p/ab)